Hasbi Sidik dan Faturohmi Bersaing Perebutkan Posisi Wakil Ketua DPRD Cilegon

Ilustrasi. (Dok: Swarnanews)
Ilustrasi. (Dok: Swarnanews)

CILEGON, TitikNOL - Hasbi Sidik dan Faturohmi, bersaing memperebutkan posisi Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon, menggantikan Sokhidin yang maju Pilkada Kota Cilegon.

Nama Hasbi Sidik dan Faturohmi dikabarkan telah diusulkan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Provinsi Banten.

Sekretaris DPD Partai Gerindra Provinsi Banten Andra Soni yang dikonfirmasi membenarkan informasi tersebut.

"Mekanismenya seperti itu (minimal mengusulkan dua nama), saat ini kita tinggal menunggu keputusan dari DPP saja," kata Andra Soni, Rabu (21/10/2020).

Andra menjelaskan, DPD hanya berwenang memberikan usulan dengan jumlah minimal dua nama yang diusulkan. Pengusulan nama itu sudah melalui pertimbangan fraksi dan pengurus DPC Partai Gerindra Kota Cilegon.

Selain mengusulkan dua nama calon pimpinan pengganti Sokhidin lanjut Andra, DPD Partai Gerindra pun telah mengusulkan nama Pergantian Antar Waktu (PAW) ke DPP.

"Mekanisme partai mengatur memang seperti itu," pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Kota Cilegon Bambang Hario Bintan mengatakan, terkait pengisian pimpinan mengacu pada usulan dari partai politik yang bersangkutan berdasarkan anggaran dasar partai.

Hal itu menurutnya sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018 tentang Tata Tertib DPRD. Pengisian unsur pimpinan bisa berbarengan dengan PAW anggota DPRD, juga bisa terpisah.

Terkait PAW, kata Bambang, Senin (19/10/2020) lalu, DPRD Kota Cilegon telah menerima surat dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon tentang PAW DPRD Kota Cilegon dari Partai Gerindra atas nama Sokhidin.

Saat ini surat tersebut sedang ditindaklanjuti kepada unsur pimpinan. Selanjutnya, DPRD akan menyurati Walikota Cilegon agar meminta Gubernur Banten untuk menerbitkan Surat Keputusan PAW.

"Setelah ada SK gubernur atas nama Menteri Dalam Negeri, baru kita agendakan untuk tahapan selanjutnya," jelas Bambang. (Ardi/TN1).

Komentar