Hipmi Kota Serang Dorong Komunitas Vape Aktif di Kewirausahaan

komunitas Vape di Kota Serang. (Foto: TitikNOL)komunitas Vape di Kota Serang. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL – Rencana Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kota Serang untuk perkuat semangat generasi muda di bidang wirausaha ternyata tidak hanya opini semata. Bahkan, Hipmi menunjukan programnya untuk meningkatkan ekonomi kreatif melalui komunitas Vape.

Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kota Serang Ananda Triana Salicha mengatakan, komunitas Vape di Kota Serang semakin menjamur. Namun aktivitas yang dilakukan saat berkumpul hanya sekedar untuk menghilangkan penat dari aktivitas sehari-hari tanpa membahas soal konsep pengembangan ekonomi kreatif.

Ananda mengaku, jika saat berkumpulnya komunitas Vape dibarengi dengan pengembangan ekonomi kreatif melalu Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM), akan berdampak positif terhadap berkembangnya komunitas ini.

"Potensi komunitas bisa mengembangkan UMKM itu saya yakin ada. Apalagi didukung sama peminat yang masuk komunitas sekarang sudah banyak tersebar sesuai hobinya masing-masing," kata Ananda usai menggelar saresehan bersama salah satu komunitas rokok elektrik Vape di Kota Serang, Minggu (6/3/2017) malam.

Menurut Ananda, meskipun tujuan tersebut pasti selalu terkendala dengan modal dan minimnya ketersediaan pasar pengembangan produk usaha, namun pihaknya memastikan akan terus mendorong hal itu supaya kehadiran komunitas juga bisa membantu untuk meningkatkan daya saing UMKM.

"Saya yakin kalau ini terus didorong, ada potensi pengembangan bisnis lokal juga bisa bersaing dengan produk-produk luar," ungkapnya.

Ananda menambahkan, salah satu upaya yang akan coba dilakukan pihaknya untuk mendorong peningkatan UMKM yaitu dengan mengadakan event Vape yang memperkenalkan produk-produk komunitas secara terbuka kepada masyarakat.

"Mudah-mudahan ada support juga dari pemerintah karena saya pengen menciptakan kepercayaan untuk produk lokal supaya bisa bersaing dengan produk-produk yang lain," paparnya.

Ia pun berharap, setiap komunitas bisa mau terlibat dengan kegiatan wirausaha demi meningkatkan gairah UMKM di Kota Serang. "Saya target bukan hanya ada sekali pertemuan saja dengan komunitas. Yang penting UMKM disini harus punya pemikiran yang sama untuk bisa bersaing dengan kota-kota lain. Jangan sampai saingan produk usahanya nanti malah tidak sehat," katanya.

Sementara itu, salah satu komunitas Vape di Kota Serang United Vape Kota Serang yang di Koordinatori Destian Andrianto Kurniawan, meyakini bahwa pengembangan komunitas juga bisa mendorong peningkatan UMKM lokal yang bisa bersaing dengan produk-produk luar. "Sebenarnya banyak dan itu bisa dikembangkan. Hanya kurang percaya diri karena selalu terkendala sama modal dan ketersediaan pasar," paparnya.

Bahkan Ia menjelaskan, jika saat ini untuk Vape sendiri sudah mulai bermunculan produk-produk local asli buatan Indonesia.”Saya sangat sepakat dengan mendorong potensi ekonomi di komunitas Vape, kenapa? Karena memang produk local mampu bersaing dengan produk luar negeri,” tukasnya.

Ia pun berharap, Hipmi serius mendorong komunitas Vape di Kota Serang untuk bersama mengembangkan ekonomi kreatif melalui komunitas. Dan mampu mengangkat produk local.”Mudah-mudahan Hipmi serius dan mampu mendorong dan memotivasi kita semua untuk mengembangkan produk local,” pungkasnya. (Gat/red)

TAG hipmi
Komentar
Tag Terkait