Hiu Bintang Terdampar di Pantai Wanasalam Lebak

Hiu bintang (Rhincodon typus) yang terdampar di pesisir pantai Lebak Keusik, Desa Wanasalam, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak. (Foto: TitikNOL)Hiu bintang (Rhincodon typus) yang terdampar di pesisir pantai Lebak Keusik, Desa Wanasalam, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Warga di pesisir pantai Lebak Keusik, Desa Wanasalam, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, digegerkan dengan penemuan seekor hiu jenis hiu bintang (Rhincodon typus) sepanjang enam meter dalam kondisi sudah tewas. Ikan hiu besar itu ditemukan terdampar di pesisir pantai pada Senin (7/10/2019).

"Hiu bintang sudah tewas, terdampar di pesisir pantai karena terseret ombak besar dan kondisi angin kencang," ujar Nurman relawan BPBD kepada wartawan.

Menurutnya, petugas dari Dinas Kelautan dan Polsek Wanasalam langsung mengecek kondisi hiu yang sudah tewas tersebut.

"Ikan hiu yang sudah tewas itu di evakuasi ke bibir pantai," katanya

Senada dikatakan Koordinator Balawista Kabupaten Lebak Erwin Komara Sukma, bangkai hiu sudah dievakuasi oleh petugas bersama warga.

"Kemungkinan hiu itu dikubur di sekitar pantai.Ya, kondisinya sudah mati saat ditemukan warga," tutur Erwin kepada wartawan.

Selain itu, Erwin menduga, satwa yang dilindungi tersebut mati akibat perubahan cuaca.

"Mungkin karena perubahan cuaca, di laut kan saat ini sedang panas yang menyebabkan hiu itu ke pinggir," ungkapnya. (Gun/TN1)

Komentar