Hoax, Video Truk di Atas Kapal dan Jalan Terbelah bukan Akibat Gempa Banten

Foto jalan yang beredar di media sosial. (Foto: Ist)
Foto jalan yang beredar di media sosial. (Foto: Ist)

SERANG, TitikNOL - Viralnya video truk terombang ambing di atas kapal dan terbelahnya jalan di media sosial, dipastikan bukan karena gempa 6,4 skala richter yang berpusat di Kabupaten Lebak, Banten.

Video dengan teriakan seorang ibu melihat truk terombang-ambing di atas kapal motor penumpang, dipastikan diambil pada saat badai dahlia yang terjadi beberapa bulan yang lalu di pelabuhan merak.

Sementara foto jalan rusak yang viral dan beredar luas di whatshap terjadi di jalan Yogjakarta - Wonosari, tepatnya di Desa Putat, Kecamatan Patuk dan bisa dipastikan bukan karena guncangan gempa bumi yang terjadi Selasa siang tadi.

Foto itu pun sempat diunggah oleh akun twitter rrijogjanewsroom @newsrrijogja Senin 22 Januari 2018 lalu.

"Untuk foto masjid runtuh dan jalan terbelah yang beredar masih kita telusuri," kata Kepala BPBD Lebak Kaprawi, Selasa (23/1/2018).

Baca juga: Gempa Berkekuatan 6,4 SR Guncang Banten

Seperti diketahui, gempa bumi berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Lebak, Banten. Bahkan gempa terasa hingga ibu kota Jakarta. Namun, gempa tersebut tidak menimbulkan potensi tsunami.

Berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada pada titik koordinat 7.21 Lintang Selatan dan 105.91 Bujur Timur. Gempa terjadi pukul 13.35 WIB.

Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut. Pusat gempa berada di laut 81 kilometer Barat Daya Lebka. Getaran gempa juga dirasakan hingga ke Jakarta bahkan Bogor. (Gat/TN1)

TAG gempa
Komentar