Hujan Deras Sebabkan Banjir Bandang Hingga Rendam Puluhan Rumah di Kecamatan Bayah

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

LEBAK, TitikNOL - Banjir bandang terjang wilayah Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak Banten mengakibatkan puluhan rumah terendam banjir di Desa Suwakan serta di Desa Bayah Timur, Kecamatan Bayah.

Banjir bandang disebabkan hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Lebak Selatan sejak Minggu (9/10/2022) siang, yang menyebabkan aliran sungai Cimadur di Kecamatan Bayah meluap hingga ke pemukiman warga.

Pantauan di lokasi, ketinggian mencapai satu meter, yang merendam rumah-rumah warga. Pihak Desa setempat bersama TNI Polri sudah tiba di lokasi untuk meminta warga agar mengungsi terlebih hadulu.

Kapolsek Bayah AKP Sudibyo menjelaskan kondisi di Kampung Suwakan, Desa Suwakan, Kecamatan Bayah, saat ini para warga sudah mengungsi.

"Kami melaksanakan pengamanan warga dan memantau situasi di lokasi banjir. Untuk sementara rumah terendam 45 rumah," kata Kapolsek dalam rilis video oleh Bidhumas Polda Banten.

Menurut Kapolsek, sampai saat ini tidak ada laporan korban jiwa, namun hanya kerugian materil karena rumah rumah warga terendam banjir.

"Tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materil dan belum bisa dihitung. Masyarakat melakukan pengamanan barang-barang mereka dari banjir," pungkasnya.

Sementara itu di Kampung Sukajaya, Desa Bayah Timur juga terdampak banjir rumah-rumah warga terendam akibat luapan air sungai Cimadur.

"Kami masih melakukan pendataan," kata Carik Desa Bayah Timur Supiyani dihuhungi via telepon. (TN)

Komentar