Idul Adha 2020, Kenaikan Penumpang di Pelabuhan Merak Diprediksi Naik 10 Persen

Suasana pelabuhan Merak. (Foto: TitikNOL)
Suasana pelabuhan Merak. (Foto: TitikNOL)

MERAK, TitikNOL - PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, memprediksi angkutan mudik Idul Adha 2020 akan terjadi kenaikan 10 persen dibandingkan angkutan mudik Idul Adha 2019.

Berbagai persiapanpun telah dilakukan ASDP Merak untuk mengantisipasi terjadinya jika lonjakan penumpang.

"Untuk persiapan angkutan mudik Idul Adha ASDP Merak telah menyiapkan secara normal 28 kapal , tapi ada 3 skenario yang digunakan yakni normal, padat dan sangat padat ," kata Hasan Lessy di Kantor ASDP Merak , Senin (27/7/2020).

Adapun untuk dermaga , ASDP Merak telah menyiapkan 7 dermaga termasuk dermaga 4 yang saat ini masih dalam pembangunan .

"Kemudian untuk dermaga ada 7, 1 eksekutif dan 6 leguler. Namun dermaga 4 saat ini kan masih dalam pembangunan tapi dipersiapkan juga untuk Idul Adha ," jelasnya.

Pada angkutan lebaran Idul Adha tahun ini, ASDP memprediksi akan terjadi kenaikan 10 persen dibandingkan tahun lalu.

"Kita prediksi akan ada kenaikan 10 persen. Kenaikan itu terjadi karena lebaran Idul Fitri kemarin masyarakat tidak boleh mudik oleh pemerintah, sehingga Idul Adha ini akan menjadi momen bagi masyarakat untuk mudik ke kampung halaman," terangnya.

Lonjakan penumpang di Pelabuhan Merak pada Idul Adha tahun diprediksi akan terjadi pada H-3 hingga H-1.

Lebih lanjut Hasan menambahkan, di tengah pandemi Covid -19 ini pihaknya tetap mengedepankan protokol kesehatan dengan cara membatasi jumlah penumpang di kapal.

"Jadi kapal itu hanya boleh mengakut penumpang pejalan setengah dari kapasitasnya, tidak boleh lebih. Itu bagian dari penerapan protokol kesehatan," ujarnya. (Ardi/TN1).

Komentar