Ini Hasil Uji Lab DLH Lebak Terkait Dugaan Pencemaran Limbah PT Cemindo Gemilang

Drainase yang teraliri limbah cair dari pabrik semen merah putih PT. Cemindo Gemilang, limbah cair yang mengalir diduga mencemari Kali Cibayawak. (Dok: TitikNOL)Drainase yang teraliri limbah cair dari pabrik semen merah putih PT. Cemindo Gemilang, limbah cair yang mengalir diduga mencemari Kali Cibayawak. (Dok: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebak telah mengantongi hasil uji laboratorium sampel air Kali Cibayawak, Kecamatan Bayah yang diduga tercemar limbah pabrik Semen Merah Putih milik PT Cemindo Gemilang.

Berdasarkan hasil uji coba sampel yang diambil dua pekan kemarin itu, DLH Lebak menemukan sejumlah kesalahan dalam proses pengelolaan limbah yang dilakukan PT Cemindo Gemilang.

Salah satunya, parameter air Kali Cibayawak dinyatakan melebihi ambang batas baku mutu standar pengelolaan limbah.

"Sudah kita ambil sampelnya dan ada beberapa parameter yang melebihi baku mutu," ujar Kepala DLH Lebak Nana Sunjana saat dikonfirmasi melalui aplikasi pesan whatsapp, kemarin.

Baca juga: Dugaan Pencemaran Limbah PT Cemindo Gemilang, DLH Tunggu Hasil Uji Lab

Pasca mengantongi hasil uji laboratorium sampel air Kali Cibayawak, Nana menegaskan PT Cemindo Gemilang harus memperbaiki prosedur pengelolaan limbah sesuai dengan rencana pengelolaan lingkungan (RKL), rencana pemantauan lingkungan (RPL) dan analisis dampak lingkungan (Amdal) yang ditentukan pemerintah.

"Kami minta PT Cemindo Gemilang untuk melakukan pengelolaan lingkungan sesuai RKL, RPL, Amdal mereka dan kami akan pantau terus," tukas Nana.

Baca juga: Limbah PT Cemindo Gemilang Diduga Cemari Sungai di Bayah

Dugaan pencemaran limbah oleh PT Cemindo Gemilang pertama kali muncul setelah dikeluhkan warga pembudidaya ikan emas dan nila di Kampung Sindang Laut, Desa Darmasari, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak.

Warga mengeluhkan limbah cair yang diduga berasal dari perusahaan pengelola pabrik Semen Merah Putih itu telah menyebabkan ikan emas dan nila mereka di sekitar Kali Cibayawak banyak yang mati mendadak.

Baca juga: Tercemar Limbah PT Cemindo Gemilang, Camat Bayah Minta DLH Turun Tangan

Keluhan warga kemudian disampaikan ke pihak Kecamatan Bayah. Merespons hal tersebut, Camat Bayah Suyanto meminta DLH Kabupaten Lebak segera turun tangan untuk mengatasi dugaan pencemaran limbah yang dilakukan oleh PT Cemindo Gemilang. (Gun/TN3)

Komentar