Ini Kronologi Terbakarnya Kapal KM Johan Jaya 113 Batam di Pelabuhan Bojonegara

Petugas Damkar pada BPBD Kabupaten Serang saat memadamkan kebakaran Kapal KM Johan Jaya 113 Batam (Foto: istimewa)
Petugas Damkar pada BPBD Kabupaten Serang saat memadamkan kebakaran Kapal KM Johan Jaya 113 Batam (Foto: istimewa)

SERANG, TitikNOL - Kapal KM Johan Jaya 113 Batam alami kebakaran di Pelabuhan Bojonegara. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Kapal ini kebakaran pada 15 April 2022 sekira pukul 13:30 WIB. Saat itu, kapal ini dalam rangka perbaikan Gear Box mesin induk kanan.

Perbaikan dilakukan olah tiga orang, yaitu Hotman Rudy selaku KKM, Endang dan Fahmi selaku teknisi dari PT. KJS (Kapuas Jaya Samudra) di ruang mesin.

Kebakaran bermula saat pekerja menggunakan alat berupa trafo las milik kapal TB. Johan jaya 113 untuk membuka bising Bearing gear box mesin sebelah kanan.

Baca juga: Kapal Terbakar di Pelabuhan Bojonegara

Ketika pekerja menempelkan alat las ke batang besi yang akan dilas, tiba-tiba terlihat api. Pekerja berteriak dan berusaha memadamkan.

Mendengar berteriakan minta tolong, crew kapal lain langsung membantu memadamkan api dengan menggunakan APAR yang ada dikamar mesin.

Tetapi, api belum dapat di padamkan oleh pihak kantor, hingga akhirnya memanggil tim Damkar untuk memadamkan.

Baca juga: Percikan Api Pengelasan Jadi Penyebab Terbakarnya Kapal di Pelabuhan Bojonegara

Ketua Harian Crisis Centre BPBD Kabupaten Serang, Jhonny mengatakan, api berhasil dipadamkan pada pukul 21:08 WIB dan langsung dilakukan proses pendinginan.

"Bidang Pemadam Kebakaran mengirimkan satu unit pemadam dari kantor utama dan 1 unit pemadam dari pos sektor Anyer untuk melakukan penanganan pemadaman," terangnya. (TN3)

Komentar