Ini Modus Pelaku Saat Seludupkan Narkoba dari Taiwan

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mochamad Iriawan menunjukan barang bukti berupa sabu beserta menghadirkan salah satu tersangka penyeludup. (Foto: TitikNOL)Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mochamad Iriawan menunjukan barang bukti berupa sabu beserta menghadirkan salah satu tersangka penyeludup. (Foto: TitikNOL)

ANYER, TitikNOL - Modus para pelaku saat menyeludupkan narkoba dari Taiwan ke lokasi penampungan di Anyer, Kabupaten Serang, terbilang rapih.

Diungkap Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mochamad Iriawan, satu ton narkoba jenis sabu yang disita dikirim melalui jalur laut dengan menggunakan perahu karet dengan mesin canggih.

"Untuk mengelabui petugas, para tersangka ini menggunakan perahu karet yang suara mesinnya nyaris tidak terdengar," ungkap Irjen Pol Mochamad Iriawan di Hotel Mandalika Anyer, Kamis (13/7/2017).

Baca juga: Sabu yang Diamankan di Hotel Mandalika Anyer Senilai Rp1,5 Triliun

Iriawan mengatakan, saat perahu karet yang digunakan tersangka bersandar di dermaga Hotel Mandalika Anyer, dua unit mini bus jenis Toyota Innova sudah menunggu di darat untuk membawa barang haram tersebut.

Diungkapkannya, saat dilakukan penangkapan, para tersangka melakukan perlawanan sehingga terpaksa harus ditembak.

Bahkan, tersangka sempat menabrakan kendaraannya ke petugas yang melakukan penangkapan sehingga mengalami luka-luka dan langsung dibawa ke klinik terdekat untuk mendapatkan perawatan medis.

"Jadi para tersangka melawan petugas ketika hendak ditangkap makanya kita tembak. Adapun satu orang tersangka yang kabur masih kita lakukan pengejaran," tambahnya.

Terkait adanya keterlibatan orang Indonesia, sambung Kapolda, pihaknya kini masih terus melakukan pengembangan.

"Akan kita kembangkan terus terkait jaringan tersangka ini," tegasnya.

Pantauan di lapangan, petugas kepolisian masih berjaga-jaga di lokasi penggerebekan. Warga setempat pun ramai untuk melihat lokasi penggerebakan tersebut. (Ardi/red)

Komentar