Ini Penyebab KMP Mitra Nusantara Kandas di Perairan Merak

KMP Mitra Nusantara yang kandas di Perairan Merak. (Foto: TitikNOL)KMP Mitra Nusantara yang kandas di Perairan Merak. (Foto: TitikNOL)

MERAK,TitikNOL - Kapal Motor Penumpang (KMP) Mitra Nusantara yang kandas di Perairan Merak diduga akibat black out atau mati mesin. Namun, pihak pelayaran PT Prima Eksekutif selaku operator KMP Mitra Nusantara membantah jika KMP Mitra Nusantara kandas akibat mati mesin.

"KMP Mitra Nusantara itu sengaja mesinnya dimatikan oleh nahkoda. Hal itu dilakukan supaya tidak terjadi kerusakan serius pada bagian kapal. Jadi intinya ,kandasnya kapal ini bukan karena mati mesin," kata Kepala Cabang PT Prima Eksekutif, Achmad Riyanto kepada awak media di Pelabuhan Merak, Kamis (11/10/2018).

Baca juga: Kapal Mitra Nusantara Kandas di Perairan Merak, Penumpang Berjam-jam Terlantar

Riyanto menyatakan, kondisi cuaca menjadi penyebab utama kandasnya KMP Mitra Nusantara di Perairan Merak.

"Kapal keluar mundur dari dermaga VI pelabuhan Merak usai muat, tiba-tiba ada angin kencang sehingga mesin langsung dimatikan. Karena itulah standar keselamatan, kalau untuk mesin kapal tidak ada masalah," klaim Riyanto.

Berdasarkan informasi terakhir, KMP Mitra Nusantara sudah berhasil dievakuasi oleh kapal tug boat. Adapun KMP Mitra Nusantara tersebut membatalkan perjalanan ke Pelabuhan Bakauheni, dan membongkar kembali muatannya di Pelabuhan Merak .

Kasus kandasnya KMP Mitra Nusantra tersebut saat ini ditangani Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten. (Ardi/TN3)

Komentar