Jelang Libur Akhir Tahun, KSOP Banten Uji Petik Kapal di Pelabuhan Merak

Petugas KSOP Kelas 1 Banten saat mengecek alat keselamatan di KMP Kirana II. (Foto: TitikNOL)Petugas KSOP Kelas 1 Banten saat mengecek alat keselamatan di KMP Kirana II. (Foto: TitikNOL)

MERAK, TitikNOL - Kantor Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Banten melakukan ramp check atau uji petik kapal di Pelabuhan Merak. Uji petik itu dilakukan untuk memastikan bahwa kapal-kapal yang ada di penyeberangan Merak-Bakauheni sudah layak untuk dioperasikan pada angkutan Natal dan Tahun Baru.

Kita melakukan ramp check kapal-kapal untuk mengangkut angkutan Natal dan Tahun Baru 2019. Ramp check ini sebetulnya kegiatan rutin, namun dalam rangka memastikan kelayakan angkutan kapal, kita tetap melakukan pemeriksaan untuk memastikan keselamatan kapal," kata Kepala KSOP Kelas 1 Banten, Herwanto, Kamis (20/12/2018).

Herwandi mengungkapkan, dari 70 kapal yang ada, 58 kapal diantaranya sudah siap diopersikan untuk angkutan Natal dan Tahun Baru 2019. "Kemudian ada 9 yang sedang docking, 3 dalam kondisi rusak dan siap untuk docking, "jelasnya.

Lanjut Herwanto, sampai saat ini pihaknya sudah melakukan ramp check 51 kapal dan masih ada 7 kapal yang akan dilakukan ramp check.

"Sekali lagi saya katakan ramp check ini sebetulnya setiap saat kita lakukan, tetapi dalam rangka angkutan Natal dan Tahun Baru ini kita tingkatkan frekuensinya. Kewajiban pemeriksaan kelaikan kapal tidak ada batasnya, harus dilaksanakan sesuai instruksi Direktorat Jenderal Perhubungan Laut," ujarnya.

Adapun Herwanto yang memimpin langsung uji petik di KMP Kirana II yang sedang sandar di Dermaga I Pelabuhan Merak tersebut tidak menampik adanya temuan, meskipun hal yang kecil.

"Temuan-temuan kecil aja tadi seperti adanya liferaft yang terikat seharusnya saat kapal-kapal berangkat tidak boleh terikat, dan hal-hal kecil teknis lainnya kita sampaikan ke operator untuk dilakukan perbaikan," katanya. (Ardi/TN3)

Komentar