Jelang Nataru, 10 Bus AKAP di Terminal Mandala Diperiksa Petugas Gabungan 9 Bus Tak Laik Jalan

Pemeriksaan dan pengecekan (Ramp Chek) terhadap 10 Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Terminal Kaduagung Tipe A, Mandala, Kecamatan Cibadak, Kabuapten Lebak. (Foto: TitikNOL)
Pemeriksaan dan pengecekan (Ramp Chek) terhadap 10 Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Terminal Kaduagung Tipe A, Mandala, Kecamatan Cibadak, Kabuapten Lebak. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Petugas gabungan dari Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Lebak melakukan pemeriksaan dan pengecekan (Ramp Chek) terhadap 10 Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Terminal Kaduagung Tipe A, Mandala, Kecamatan Cibadak, Kabuapten Lebak, Senin (23/12/2019).

Dari hasil pemeriksaan terhadap 10 bus AKAP dan AKDP itu, petugas gabungan menemukan 1 kendaraan yang laik jalan yakni Bus Sinar Jaya, sedangkan 9 bus lainnya tidak laik jalan.

"Kita periksa 10 kendaraan memang baru satu yang ditemukan laik jalan,"kata Kabid Keselamatan Lalulintas Dishub Lebak, Azis Ali Rosid kepada wartawan.

Dijelaskan, Ramp Check sengaja dilaksanakan untuk memastikan angkutan umum yang digunakan masyarakat saat Natal dan Tahun Baru dalam keadaan laik jalan.

"Tujuannya untuk meningkatkan keselamatan menjamin konfisi teknis laik jalan bagi kendaraan maupun sopirnya sehingga pada angkutan natal dan tahun baru hal-hal seperti kecelakaan bisa dimininalisir,"jelasnya.

Kasatlantas Polres Lebak AKP Fikry Ardiansyah mengatakan, dari hasil pemeriksaan untuk Surat Izin Mengemudi (SIM) para sopir dan surat-surat kendaraan dalam keadaan baik.

"Belum ditemukan adanya surat-surat yang tidak sesuai dengan fisik kendaraannya,"ujarnya.

Kasatlantas berharap agar para pengemudi kendaraan Bus AKAP dan AKDP mematuhi rambu-rambu lalulintas sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

"Patuhi rambu-rambu lalulintas jangan sampai ada hal-hal yang tidak diinginkan karena human error,"terangnya.

Puluhan Pengemudi Bus AKAP dan PS di Terminal Mandala Dites Urine

Usai melakukan pemeriksaan terhadap 10 Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Terminal Kaduagung Tipe A, Mandala, Kecamatan Cibadak, Kabuapten Lebak, petugas gabungan dari Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Lalulintas (Satlantas) dan Satnarkoba Polres Lebak,melakukan tes urin kepada 30 pengemudi.

Hasilnya, petugas tidak menemukan ada sopir yang positif mengkonsumsi narkoba. AKP Asep Jamaludin Kasat Narkoba Polres Lebak mengatakan, pemeriksaan dan tes urine tehadap para pengemudi bus AKAP, AKDP dan PS, untuk memastikan para pengemudi dalam kondisi Sehat tidak terpengaruh Narkotika atau Zat Berbahaya lainnya.

"Jadi bukan hanya kendaraannya saja yang laik jalan, pengemudinya pun laik untuk mengemudi. Hasilnya dari 30 Orang kita cek dan dilakukan test urine alhamdulillah tidak ditemukan para Pengemudi yg terpapar Narkoba,"ujar Asep Jamaludin kepada TitikNOL.(Gun/TN2)

Komentar