Jelang Ramadhan, Harga Daging Ayam di Pasar Rau naik

Ilustrasi. (Dok: Republika)Ilustrasi. (Dok: Republika)

SERANG, TitikNOL - Kementerian Perdagangan (Kemendag) masih temukan harga telur dan daging ayam di pasar Rau, Kota Serang mengalami kenaikan, saat Inspeksi Mendadak (Sidak), Jumat (11/5/2018).

Inspektorat Jenderal Kemendag Srie Agustina mengatakan kenaikan harga telur dan ayam masih terjadi di pasar tradisional di Kota Serang, Rp2-3 ribu perkilogramnya.

"Telur ayam dan daging ayam naik, ini sekitar Rp3 ribu, tadi kita tanya pedagang karena memang dari distributor nya juga naik," kata Srie.

Srie menjelaskan, kenaikan harga telur dan ayam dikarenakan harga pakan yang juga melambung tinggi."Mudah mudahan tidak naik lagi saat puasa nanti, ini karena harga pakan naik," jelasnya.

Pihaknya juga mengatakan kenaikan pakan dikarenakan kurs dollar yang menguat, pasalnya sebagian besar pakan impor."Karena sebagian masih impor, Dollar nya menguat ini yang membuat harga pakan naik, sehingga harga ayam dan telor naik," lanjutnya

Pihaknya pun bersama pemerintah daerah akan mengawal kondisi harga telur dan daging ayam selama puasa hingga lebaran nanti."Ini kita perlu kawal mudah mudahan kedepannya Pemda bisa memfasilitasi agar peternak rakyat bisa mendapatkan sumber pakan lebih murah dari pasaran," tegasnya. (Gat/TN2)

Komentar