Kabupaten Serang Zona Merah, Dinkes: Kalster Baru Muncul di Industri

Ilustrasi. (Dok: Ayobogor)
Ilustrasi. (Dok: Ayobogor)

SERANG, TitikNOL – Satgas percepatan penanganan covid-19 mengungkapkan adanya klaster baru penyebaran virus corona di Kabupaten Serang. Salah satunya muncul dari tempat kerja atau industri.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang Agus Kusmayadi mengatakan, penyebaran virus corona melonjak di Kabupaten Serang akibat munculnya klaster baru di industri. Terutama warga yang bekerja di perusahaan yang ada di Kecamatan Cikande.

“Kalster baru muncul di industri, tempat kerja. Karena kalau dilihat di Cikande kebanyakan industri para pekerjanya sudah muncul,” katanya saat dihubungi, Senin (5/10/2020).

Ia menerangkan, hal itu terungkap setelah melihat data pasien covid-19 yang didominasi oleh buruh. Namun, pihak perusahaan hingga kini tidak pernah melaporkan ada karyawannya yang terkonfirmasi virus corona. Sehingga, satgas terhambat dalam melakukan deteksi dini terhadap kontak erat terhadap pasien.

“Karena banyak yang positif buruh, tapi tidak tahu kerjanya dimana. Selama industri tidak lapor ke Dinkes, agak sulit untuk mendeteksi,” terangnya.

Maka dari itu, Agus menghimbau kepada perusahaan agar melaporkan data karyawannya yang telah terkonfirmasi positif. Supaya, pencegahan penyebaran virus dapat dilakukan secara cepat dan tepat.

“Saya menghimbau kepada pihak industri, bilamana ada karyawan atau buruh yang terkonfirmasi positif segera lapor kepada pemerintah. Akan dilakukan pencegahan penularan,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, jika kasus penyebaran covid-19 di Kabupaten Serang semakin mengalami peningkatan, maka pemerintah akan melakukan pembatasan secara ketat.

“Semakin banyak kasus positif akan dilakukan pembatasan. WFH akan dilakukan secara ketat. Kami sedang koordinasi sama satgas,” tukasnya. (Son/TN1)

Komentar