Kampung Adat di Lebak Dapat Penghargaan Anugerah Pesona Indonesia

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya saat menerima tropi penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 di Hotel Sahid Jakarta, Kamis (22/11/2018). (Foto: TitikNOL)Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya saat menerima tropi penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 di Hotel Sahid Jakarta, Kamis (22/11/2018). (Foto: TitikNOL)

JAKARTA, TitikNOL - Ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 kembali digelar untuk ketiga kalinya dengan total 18 kategori yang dilombakan.

Pada API tahun ini, Pemerintah Kabupaten Lebak mendapatkan penghargaan Kategori Kampung Adat terpopuler dengan lokasi Desa Kanekes alias Kampung Adat Baduy.

Tropi penghargaan diserahkan Asisten Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata Masruroh dan diterima Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya di Hotel Sahid Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Dengan adanya ajang ini, Pemerintah Kabupaten Lebak memastikan akan terus memaksimalkan potensi pariwisata yang ada dan banyak Kategori yang semestinya bisa diikuti. Demikian dikatakan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya seusai menerima tropi penghargaan.

"Masyarakat bisa mendapatkan informasi lengkap dan terlibat langsung tentang pengelolaan pariwisata sesuai dengan potensinya masing-masing," katanya.

Hiro Kristianto Ketua Penyelenggara API 2018 mengatakan, ajang sektor pariwisata terpopoler ini bisa dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan dalam memperkenalkan objek pariwisata atau destinasi wisata baru di daerah.

"Kompetisi penghargaan ini efektif untuk memperkenalkan berbagai daerah yang belum terkenal, dan menumbuhkan kembali kecintaan pada pariwisata daerahnya," jelasnya

Penilaian yang dilakukan API cukup komprehensif, dengan melibatkan banyak stakeholder untuk memilih destinasi wisata mana yang menjadi nominasi sebelum mendapatkan vote.

"Dari sistem tersebut, kita juga bisa tahu bagaimana masyarakat peduli terhadap pariwisata daerah dengan cara mendukung daerah untuk jadi pemenang," pungkasnya. (Gun/TN3)

Komentar