Minggu, 21 Juli 2024

Kapal Tongkang Patah di Dermaga Pabrik Semen Bayah, Clinker Ribuan Kubik Penuhi Laut

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

LEBAK, TitikNOL - Kapal tongkang bermuatan Clinker patah di dermaga pabrik semen milik PT. Cemindo Gemilang di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak. Informasi yang dihimpun TitikNOL, kejadian pada Senin (11/7/2022).

Kapal itu memuat 8.000 meter kubik Clinker. Kode kapal, BG Kapuas Jaya 317. Akibat patahnya kapal tongkang itu, ribuan ton Clinker tumpah ruah ke pesisir laut Bayah.

Tongkang mengalami patah pada bagian tengah, usai melakukan pemuatan tanggal 11 Juli 2022, pukul 04.20 WIB dan rencananta akan lanjut dengan kegiatan trimming untuk mendapatkan nilai trim pemuatan.

Usai kejadian, kapal tongkang dievakuasi untuk penyelamatan oleh assit tug TB Johan Jaya 130.

Dikonfirmasi, Kepala wilayah kerja Pelabuhan Bayah pada Kantor UPP Labuan, Muhamad Ace, membenarkan terjadinya insiden kapal tongkang patah di area Dermaga pabrik semen tersebut. Menurutnya, saat ini tongkang bermuatan clinker yang patah itu sudah dilakukan evakuasi.

Disinggung soal terjadinya pencemaran laut akibat tumpahan Clinker ke pesisir pantai Bayah, Syahbandar Bayah ini mengaku akan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kementerian KLHK.

"Iya tongkang itu patah, soal tumpahan Clinker ke laut. Kita akan berkoordinasi dengan Dinas LH dan Kementerian KLHK," katanya, Selasa (12/7/2022). (Gun/TN)

Komentar