Hari Santri Nasional

Karakter Santri Harus Menjadi Karakter Bangsa

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Sodik Mudjahid. (Dok: dpr)
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Sodik Mudjahid. (Dok: dpr)

JAKARTA, TitikNOL - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI yang membidangi mengenai agama Sodik Mudjahid mengatakan, karakter santri harus menjadi karakter bangsa Indonesia. Dimana, ia menjelaskan karakter santri yang dididik di pondok pesantren diajarkan harus menjadi mandiri dan bertanggung jawab.

"Karakter santri harus menjadi karakter bangsa, yang mandiri, amanah dan bertanggung jawab," tegas Sodik kepada TitikNOL di Jakarta, Kamis (20/10/2016).

Lanjutnya, santri yang dahulu dikenal kurang modern harus digeser paradigmanya. Menurutnya, santri harus bisa mengenal nilai-nilai modern agar dapat menjawab tantangan zaman dan harus mewarnai.

"Nilai-nilai santri yang dikenal kurang modern harus digeser, santri harus mengenal modernitas tetapi tidak boleh terbawa," tegas politisi Partai Gerindra.

Tambah pria yang mengenyam pondok pesantren moden di daerah Bandung itu berharap, nilai-nilai santri dapat dikembangkan di sekolah-sekolah umum. "Saya berharap nilai-nilai santri ini dapat dikembangkan," tandasnya. (Bara/Rif)

Komentar