Kasihan, Puluhan Rumah di Lebak Retak Akibat Aktivitas Tambang PT.Cemindo

Wiwi (29), Pemilik rumah saat menunjukan keretakan yang di sebabkan kegiatan blasting tambang PT Cemindo Gemilang kepada wartawan. (Foto: TitikNOL)Wiwi (29), Pemilik rumah saat menunjukan keretakan yang di sebabkan kegiatan blasting tambang PT Cemindo Gemilang kepada wartawan. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Puluhan Rumah di kampung Cinangga Lebak, Desa Bayah Timur, Kecamatan Bayah, retak-retak.

Keretakan disebabkan oleh kegiatan blasting tambang milik PT Cemindo Gemilang, yang tidak jauh dari pemukiman warga.

Blasting sendiri adalah proses pembersihan permukaan material dengan menggunakan sistem penyemprotan udara bertekanan tinggi, dengan berbagai media seperti pasir, air dan lain-lain.

Di ungkapkan salah seorang warga setempat, Wiwi (29), keretakan terjadi setelah adanya aktivitas tambang milik PT Cemindo Gemilang.

Diakui Wiwi, aktivitas tambang tersebut berjalan sudah sekitar satu tahun. Selain rumahnya, banyak juga rumah warga lainnya yang mengalami kondisi yang sama.

"Lihat pak rumah kami rusak parah di bagian dalam dan di belakang juga rusak parah pak. Kalau hujan lebat kami terpaksa harus mengungsi ketempat saudara," keluh Wiwi saat diwawancarai wartawan, Jumat (6/10/2017).

Baca juga: Dua Menara Sutet Roboh, Ini Kata Manajemen PT Cemindo Gemilang

Wiwi bahkan menuturkan kejadian lebih parah yang dialami oleh tetangganya sendiri, akibat dampak dari tambang tersebut.

"Rumah tetangga saya lebih parah. Pemiliknya berusia 70 tahun. Rumahnya sebagian roboh dan harus meminjam uang untuk memperbaiki rumahnya. Bahkan ada satu rumah yanh sudah roboh total yg sudah di tinggalkan pemiliknya," lanjutnya.

Sementara itu, Budi Nurjaman, Manager CSR PT.Cemindo Gemilang Ketika di konfirmasi Via WhatsAap belum merespon. (Ryan/red)

Komentar