Katanya Diperpanjang, Kok Website Pendaftaran PPDB SMAN Dioffkan Sih!

Ilustrasi. (Dok: Dara)
Ilustrasi. (Dok: Dara)

SERANG, TitikNOL - Perpanjangan Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Provinsi Banten belum berjalan maksimal.

Website pendaftaran malah dioffkan. Padahal, tahap pendaftaran jalur zonasi diperpanjang hingga 28 Juni 2021. Berdasarkan pantauan di https://ppdb.bantenprov.go.id/zonasi/verifikasisma pada Hari Jum'at pukul 18:55 WIB, muncul sebuah pengumuman pendaftaran SMA.

Ada lima poin yang tercantum. Pertama, untuk sementara website di offkan sementara karena masa pendaftaran telah habis, dan menunggu intruksi selanjutnya. Kedua, data pendaftar bisa sementara bisa di cek di sini.

Kemudian ketiga, untuk pengumuman sementara masih dalam tahap sorting. Keempat, hasil final pada tanggal 27 Juni 2021. Bagi siswa yang terdaftar dan terverifikasi. Kelima, bagi siswa yang sudah mengajukan berkas tapi belum verifikasi dapat menanyakan pihak sekolah verifikator terimakasih.

Ketua Divisi Kebijakan Publik Pusat Studidan Informasi (PATTIRO) regional Banten, Amin Rohani mengatakan, kebijakan perpanjanagn waktu yang dilakukan pemerintah bagian dari konsekuensi terjadinya sistem error pada hari pertama pelaksanaan PPDB SMAN.

Namun pada faktanya, saat ini website PPDB SMAN tidak dapat diakses kembali. Pemerintah dinilai tidak konsisten pada kebijakannya.

"Perpanjangan waktu itu bagian kosekuensi pemerintah, karena masyarakat kesulitan dengan waktu singkat (karena adanya kejadian error) akhirnya diperpanjang selama 4 hari. Dengan perpanjangan itu pemerintah harus konsikuensi karena masyarskat belum mampu mengakses. Itu harus bertanggungjawab supaya masyarakat tidak dirugikan," katanya kepada TitikNOL, Jumat (25/6/2021).

Ia menyebutkan, proses pendaftaran PPDB SMAN mengalami kekacauan secara sistem. Hal itu menunjukan Dindikbud Banten tidak belajar dari pengalaman. Terlebih berdasarkan pantauannya, pelaksanaan PPDB SMAN tahun 2020 pun mengalami error.

"Tapi kita melihat proses kekacauan di PPDB. Bisa dibilang Pemprov tidak belajar benar adanya karena tahun kemarin demikian, permasalahan server dan website. Harus ada perbaikan dengan perubahan besar," tegasnya.

Atas permasalahan itu, TitikNOL mencoba menghubungi Kabid SMA Dindikbud Banten Lukman, baik ditelpon maupun diwhatshapp. Namun, hingga pukul 19:50 WIB tidak ada repon.

Diketahui, bahwa Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banten bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten dan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Banten, membuat kesepakatan bersama untuk memperpanjang pendaftaran.

Ada empat keputusan yang dibuat. Pertama, pendaftaran PPDB jalur zonasi SMAN diperpanjang sampai 28 Juni 2021 pukul 23:59. Pengumuman jalur zonasi diubah jadi 30 Juni. Daftar ulang jalur zonasi diubah menjadi 8 sampai 9 Juli 2021.

Kedua, pendaftaran PPDB SMAN jalur prestasi, afirmasi dan perpindahan orangtua, tanggal 1 sampai 5 juli 2021. Pengumuman tanggal 7 Juli 2021. Daftar ulang 8 sampai 9 Juli 2021.

Ketiga, penyempurnaan sisitem PPDB disesuaikan dengan adanya perubahan jadwal dan penyempurnaan menu sistem atau dashbord.

Keempat, dalam rangka pencegahan Covid-19, penyerahan berkas dapat dilakukan melalui optimalisasi website sekolah. (Son/TN1)

Komentar