Kejurnas Drum Band 2018 di Kalimantan Selatan Dikeluhkan Peserta

Panitia acara saat meberi penjelasan kepada perwakilan tim Drumband di GOR Hasanudin Banjarmasin. (Foto: TitikNOL)
Panitia acara saat meberi penjelasan kepada perwakilan tim Drumband di GOR Hasanudin Banjarmasin. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Kejuaraan nasional (Kejurnas) Drum Band 2018 yang digelar di Kalimantan Selatan, dikeluhkan sejumlah peserta. Pasalnya, panitia dinilai tidak serius dan terkesan tidak siap dalam penyelenggaraannya event tahunan tersebut.

Salah satu yang dikeluhkan yaitu jadwal lomba yang selalu tidak tepat waktu dan kondisi arena lomba yang terkesan tidak siap untuk dilaksakan pertandingan.

Seperti yang terjadi saat mata Lomba Baris Jarak Pendek (LBJP) di stadion 17 Mei Banjarmasin. Awalnya, pertandingan itu dijadwalkan pada pukul 08.00Wita. Namun, molor dan baru dimulai pada pukul 09.45Wita.

Belum lagi arena track yang digenangi air akibat hujan. Panitia penyelenggara pun baru mengatasi genangan tersebut disaat pertandingan akan dimulai.

"Panitia penyelenggara terkesan tidak siap dalam menyelenggarakan event nasional ini. Banyak hal-hal yang penting namun panitia tidak menyediakan. Seperti tempat layak para tim saat menunggu pertandingan akan mulai, itu tidak ada. Dan setiap pertandingan pasti ngaret," ujar Haridoyo Sugianto Ketua Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Provinsi Banten.

Lomba Unjuk Gelar (LUG) juga mengalami keterlambatan. Agenda pertandingan yang awalnya direncanakan pada pukul 14.00 Wita, diundur akibat listrik padam.

Pertandingan yang dilaksanakan di GOR Hasanudin, Jumat (7/12), Banjarmasin, panitia tidak menyiapkan antisipasi bila terjadi pemadaman listrik yang kerap terjadi di wilayah tersebut.

"Kita sudah mengadu Ke PLN. Kita sudah kesana. Kita cek ada gangguan apa. Dan kedua kita upayakan jenset,'" ujar ketua panitia, Bimo, saat menerangkan kepada sejumlah manager tim yang ada di lokasi.

Bimo mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan kapan listrik akan menyala. Namun pihaknya akan terus berusaha agar pertandingan segera dimulai, dengan cara menyiapkan jenset.

"Kita sudah ke pihak PLN. PLN tidak bisa memastikan kapan akan menyala, karena tergantung petugas yang di lapangan," ujarnya. (Red)

Komentar