Kerek Investasi, Pemkab Serang Jalin Kerjasama dengan China

Suasana kerjasama Pemerintah Kabupaten Serang dengan China. (Foto: TitikNOL)
Suasana kerjasama Pemerintah Kabupaten Serang dengan China. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Pemerintah Kabupaten Serang jalin kerjasama dengan China dalam hal pariwisata, pendidikan, pertanian dan budaya.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, kerjasama yang dibangun dengan Negara Tirai Bambu tersebut masih bersifat global belum fokus pada satu sektor.

Menurutnya, sektor yang ditawarkan pihak Kabupaten Serang terdapat lima bidang, di antaranya pertanian, pariwisata, pendidikan, budaya dan insfratuktur.

"Untuk dibagian mana yang di fokuskan akan ada perjanjian lagi, yang disebutkan tadi belum tentu semua di sepakati dan ditentukan yang mana," katanya saat ditemui di Pendopo Bupati Serang, Selasa (6/8/2019).

Ia berharap, dengan adanya kerjasama dan investasi dari China, merupakan salah satu jalan dalam mensejahterakan masyarakat Kabupaten Serang.

"Semoga lewat MOU ini dapat memberikan kesejahteraan bagi Kabpaten Serang dan Kota Linfen (China)," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Linfen Municipai, China Mr. Chang menyebutkan, hubungan antar kedua negara yakni Indonesia dan China telah berlangsung sejak lama. Maka perlu ada kerjasama yang lebih intens dan menguntungkan kedua belah pihak.

Dari bidang yang ditawarkan Pemkab Serang, Ia mengaku lebih tertarik pada sektor budaya, pariwisata dan pertanian. Sebab, ketiga bidang tersebut merupakan icon Kabupaten Serang.

"Dari Linfen juga akan banyak mendukung para wirausahawan lokal Serang dan akan diinformasikan ke wirausahawan linfen untuk berinvestasi di Kabupaten Serang," ucapnya melalui penerjemah bahasa pribadinya.

Dikatakan Mr. Chang, yang paling penting dari kerjasama ini adalah tenaga kerja China bisa masuk ke Serang dan import produk-produk lokal.

"Untuk sisi tenaga kerja juga ada, kedepannya akan dimaksimalkan. Yang paling utama ekspor, impor. Disambut juga produk Indonesia untuk di impor ke China," pungkasnya. (Son/TN1)

Komentar