Kesurupan Massal, Siswa SMPN 1 Cilegon Dipulangkan

Suasana SMP Negeri 1 Cilegon pasca terjadi kesurupan massal. (Foto: TitikNOL)Suasana SMP Negeri 1 Cilegon pasca terjadi kesurupan massal. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Puluhan siswa SMP Negeri 1 Cilegon mendadak kesurupan. Kesurupan massal ini terjadi saat upacara bendera sedang berlangsung sekira pukuk 07:30 WIB. Siswa yang kesurupan itu terdiri dari perempuan dan laki-laki.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, awalnya hanya satu-dua siswa yang tiba-tiba berteriak, namun tak lama berselang, kesurupan merembet ke siswa lain hingga akhirnya membuat suasana upacara jadi gaduh.

"Jadi awalnya ada yang teriak-teriak ada yang ngeliat (makhluk halus). Ada yang dateng cuma nggak tau siapa," ungkap salah seorang siswa SMP Negeri 1 Cilegon, kepada wartawan, Senin (2/9/2019).

Saat terjadi kesurupan, pihak sekolah sempat mendatangkan "orang pintar " untuk mengusir makhluk halus. Kesurupan masal itu telah membuat para guru khawatir.

Bahkan, untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, pihak sekolah akhirnya meliburkan kegiatan belajar mengajar dan memulangkan para siswa, baik yang mengalami kesurupun maupun tidak.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Cilegon Ruliyanto membantah kalau itu bukan kesurupan. Dia mengatakan, bebepapa murid hanya mengalami kelelahan dan penyakit bawaan kumat. Meski demikian, pihak sekolah tetap mendatangkan 'orang pintar' karena khawatir kesurupan merembet ke siswa lain.

"Untuk sementara hari ini kita stop dulu aktivitas belajar mengajar siswa, kita sudah kesepakatan karena kasian. Kalau kesurupan kan menjerit-jerit ini mah nggak cuma ya tadi orang gugup semua gitu, kalau kesurupan pasti guru kena, kalau guru kena sudah saya angkat tangan," katanya.

Suasana sekolah saat ini sepi dan tidak ada aktivitas belajar-mengajar. Hanya terlihat beberapa guru yang masih berada di lingkungan sekolah.(Ardi/TN1).

Komentar