Kodim 0603/Lebak Gelar Latihan Posko-I 2018

Suasana latihan Posko - I Kodim 0603/Lebak di Aula Sunan Giri Makodim. (Foto: TitikNOL)
Suasana latihan Posko - I Kodim 0603/Lebak di Aula Sunan Giri Makodim. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Korem 064/MY menggelar Latihan Posko - I Kodim 0603/Lebak "Jawara -VI" Tahun 2018 dengan mengusung thema "Kodim 0603/Lebak melaksanakan tugas bantuan kepada Polri dalam rangka membantu mengatasi terjadinya konflik komunal di wilayah Kabupaten Lebak" Rabu (6/6/2018).

Latihan yang digelar selama tiga hari dari tanggal 5 hingga 7 Juni 2018 itu, bertujuan meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Kodim 0603/Lebak dalam merencanakan suatu operasi yang mencakup hal-hal terpadu, kerjasama dan koordinasi dalam pengambilan keputusan, teknik, olah yudha dan pengintegrasian semua kemampuan satuan yang dimiliki, prosedur dan tatacara kerja yang berlaku dalam suatu Posko serta Komando pengendalian operasi guna membantu tugas Pemerintah daerah maupun Kepolisian dalam menghadapi permasalahan bencana alam maupun konflik dosial di wilayah.

Latihan Posko - I Kodim 0603/Lebak "Jawara -VI " Tahun 2018 dibuka oleh Wadanlat (Wakil Komandan Latihan) Letkol Inf Fitriana Nur Heru.

“Latihan Posko merupakan metode latihan taktis tanpa pasukan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan prosedur hubungan Komandan dan Staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan Kodal operasi guna membantu tugas Pemerintah daerah maupun Kepolisian dalam menghadapi permasalahan bencana alam maupun Konflik komunal," ungkap Wadanlat.

“Adapun tujuan dilaksanakannya Latihan posko adalah untuk mengetahui sejauhmana kesiapan operasional jajaran Kodim 0603/Lebak, khususnya dalam mengimplementasikan protap-protap yang ada,” jelas Wadanlat.

Hal senada juga disampaikan Dandim 0603/Lebak Letkol Arh Syafa' Susanto. Menurutnya, Latihan Posko dilakukan untuk meningkatkan hubungan komandan dan staf dalam merencanakan operasi dan melaksanakan olah yudha, menyelenggarakan komando pengendalian operasi serta menyelenggarakan implementasi prosedur dan tata kerja yang berlaku di suatu pos komando.

”Tahun 2018 merupakan tahun politik, dan Kabupaten Lebak akan melaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, kita berharap Lebak kondusif , tetapi kita wajib mengantisipasi berbagai kerawanan serta ancaman baik sebelum maupun sesudah Pilkada Lebak," ujar Dandim.

Maka dengan adanya kegitan Latihan Posko -I Kodim 0603/Lebak yang dipusatkan di Aula Sunan Giri Makodim 0603/Lebak lanjut Dandim, mampu memantapkan tugas-tugas yang didapatkan dengan kemampuan yang memadai khususnya dalam menanggapi, menangani dan menyelesaikan suatu permasalahan dengan cepat dan tepat sehingga tidak berkembang menjadi kerawanan yang mempengaruhi stabilitas keamanan dan menghambat pembangunan di daerah.

“Perlu diketahui, sehari sebelum latihan dilaksanakan, telah dilakukan briefing pelaku. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Pasi Lat Korem 064/MY Mayor Inf Ferry Ardian, S.Kom. bertempat di ruang data Makodim 0603/Lebak . Sesuai jadwal, latihan dilaksanakan selama tiga hari, dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB,” pungkas Dandim. (Gun/Tn1)

Komentar