Kondisi Trotoar Acak Acakan, Sahabat Difabel Kritik Pemerintah Kota Serang

Kondisi Trotoar Acak Acakan, Sahabat Difabel Kritik Pemerintah Kota Serang. (Foto: TitikNOL)
Kondisi Trotoar Acak Acakan, Sahabat Difabel Kritik Pemerintah Kota Serang. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL – Kondisi trotoar di sejumlah wilayah di Kota Serang dinilai tidak ramah bagi disabilitas, kritikan tersebut dilayangkan oleh Ketua Perkumpulan Sahabat Difabel, Memi Elmiliasari.

"Di tengah trotoar ada tiang listrik atau tugu sehingga jauh dari layak bagi teman-teman disabilitas. Kondisi seperti ini bukan hanya di Kota Serang loh," kata Memi, Selasa (20/2/2018).

Memi pun menyayangkan bahwa selama ini penyandang disabilitas tidak pernah dilibatkan dalam perencanaan konstruksi pembangunan infrastruktur, seperti pembangunan trotoar.

"Seharusnya teman-teman disabilitas juga diajak bicara atau koordinasi oleh pemerintah daerah ketika hendak membangun," ungkapnya.

Ia berharap, pemerintah daerah memberikan akses yang sama bagi para penyandang disabilitas ketika membangun fasilitas umum. Hal ini patut dilakukan agar pelaksanaan pembangunan konstruksi juga memerhatikan akses bagi kaum disabilitas.

"Kita berharap pemerintah bisa memberikan akses atau trotoar yang sama bagi penyandang disabilitas," tegasnya.

Pantauan di lapangan sejumlah trotoar di pusat Kota Serang telah dibenahi. Trotoar tersebut memang sudah menyediakan tanda khusus bagi penyandang disabilitas berupa jalur keramik bergelombang.

Namun sayangnya, di jalur khusus tersebut masih ada tiang listrik, lapak pedagang, bahkan tiang tugu informasi instansi pemerintahan sehingga mengganggu akses bagi penyandang disabilitas. (Gat/TN2)

Komentar