Korsleting Diduga Penyebab KMP BSP I Terbakar di Perairan Merak

KMP BSP I saat terbakar di Perairan Merak. (Foto: TitikNOL)KMP BSP I saat terbakar di Perairan Merak. (Foto: TitikNOL)

MERAK, TitikNOK- Kapal Motor Penumpang (KMP) BSP I yang terbakar di Perairan Merak, Kota Cilegon, pada Kamis (7/2/2019) petang kemarin diketahui berasal dari ruang mesin.

Kepala Cabang PT Tri Sumaja Lines Merak, Parinton Situngkir, selaku perusahaan yang menaungi KMP BSP I mengatakan, api muncul akibat korsleting dari kabel lampu di ruang mesin.

Dia mungkapkan, api dilaporkan muncul sekira pukul 17.30 WIB, petugas di ruang mesin bersama kru kapal lainnya langsung memadamkan api dengan alat pemadam yang ada di dalam kapal.

"Kejadiannya itu jam17.30 , api berhasil dipadamkan jam 18.00, 18.30 WIB pendinginan, kalau saya lihat pemadaman hanya membutuhkan waktu setengah jam," jelas Parinton Situngkir kepada wartawan di Pelabuhan Merak, Jumat (8/2/2019).

"Percikan api dari listrik kabel lampu di situ ( ruang mesin), jadi kalau mesin mesin nggak kena, hanya kabel-kabel aja yang terbakar," ungkap Situngkir.

Baca juga: 196 Penumpang KMP BSP I yang Terbakar di Merak Dinyatakan Selamat

Menurut Situngkir, saat kejadian api tidak terlalu besar, hanya saja kepulan asap cukup besar sehingga membuat sebagian penumpang panik.

"Kalau api itu seperti bakar plastik cuma karena di atas mesin akhirnya agak susah untuk menanganinya, diambil pemadam seperti apar itu habis 15 tabung cuma saking tertutup mesin itu asap banyak itu yang bikin orang panik," kata dia.

"Jadi saat kejadian kru kapal kita langsung membagikan life jacket, terus menenangkan para penumpang supaya tidak terlalu panik, apalagi pada saat life jacket dibagikan api sudah berhasil dipadamkan, " ujarnya. (Ardi/TN2).

Komentar