Senin, 22 Juli 2024

KPU dan PPK Ziarah ke Banten Lama

SERANG, TitikNOL - Pasca pelantikan dan bimbingan teknis (Bimtek) Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), KPU Kota Serang menggelar ziarah ke makam Sultan Maulana Hasanuddin Banten, yang terletak di kawasan Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kamis 5 Januari 2023. Ziarah tersebut diikuti seluruh Komisioner KPU Kota Serang dan 30 PPK se-Kota Serang.

Anggota KPU Kota Serang Patrudin mengatakan, agenda ziarah yang dilaksanakan merupakan salah satu ikhtiar agar diberikan keselamatan dan kesuksesan dalam menjalankan tahapan Pemilu 2024.

"Semoga kita selalu diberikan keselamatan dan sukses dalam Pemilu 2024. Niatan hajat kami sudah terlaksana (ziarah) dan mudah-mudahan kita diberi kesehatan selalu," kata Patrudin, usai ziarah.

Menurutnya, ziarah yang dilakukan juga terinspirasi dari apa yang dilakukan Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari yang melakukan ziarah ke Banten pasca launching tahapan Pemilu 2024, pada Juni 2022 lalu.

"Saat ini tahapan Pemilu 2024 sudah berjalan, kita akan menghadapi tahapan verifikasi administrasi dan faktual bakal calon anggota DPD. Semoga kegiatan ini memberikan dampak baik bagi penguatan mental penyelenggara pemilu,” ucapnya.

Ketua KPU Kota Serang Ade Jahran menyatakan, kegiatan ziarah ini akan mulai ditradisikan oleh KPU dan semoga dapat diteruskan oleh KPU periode mendatang dan seterusnya. Ade berharap, penguatan rohani bagi para penyelenggara pemilu membawa dampak terhadap kesehatan jiwa.

“Kita ketahui bersama, saat menjalankan tahapan, ada beban kerja yang kadang membuat lelah baik secara fisik maupun mental. Karena itu KPU berdoa di tempat yang mulia ini, agar membawa kebaikan,” kata Ade.

Ketua PPK Taktakan Didin Saepudin menuturkan, baginya kegiatan ziarah yang difasilitasi KPU ini menjadi pengalaman pertama dan sangat bermakna.

“Dengan ziarah ini kami memiliki tambahan motivasi dalam menjalankan tahapan pemilu ke depan,” kata Didin.

Diketahui, sebanyak 30 anggota PPK Kota Serang resmi dilantik dan dilanjutkan bimtek pada Rabu 4 Januari 2023. Selanjutnya, KPU Kota Serang akan melaksanakan tes tertulis calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) mulai Jumat 6 Januari 2023. Pelaksanaan tes tertulis akan dilaksanakan dengan cara Computer Assisted Test (CAT) di SMKN 1 Kota Serang. (TN)

Komentar