KPU Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilwalkot Cilegon

Suasana simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pilwalkot Cilegon. (Foto: TitikNOL)
Suasana simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pilwalkot Cilegon. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pilwalkot Cilegon 2020. Simulasi yang melibatkan masyarakat itu berlangsung di lapangan bola Taman Kota Kecamatan Cilegon, Sabtu (21/11/2020).

Komisoner KPU Kota Cilegon Eli Jumaeli mengatakan, simulasi tersebut bertujuan untuk melihat sejauh mana persiapan penyelenggara tingkat KPPS serta pemahaman masyarakat yang memiliki hak pilih.

"Simulasi ini dalam rangka memberikan pendidikan pemilih kepada masyarakat secara umum dan khususnya bagi penyelenggara baik PPK, PPS dan terutama KPPS tentang bagaimana gambaran pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di tengah pandemi Covid-19," kata Eli Jumaeli kepada wartawan, Sabtu (21/11/2020).

Dengan adanya simulasi ini kata Eli, pihaknya bisa mengevaluasi apa saja kekurangan yang akan diperbaiki dan bisa meminimalisir jika permasalahan yang timbul di TPS.

"Kemudian dengan adanya kegiatan ini juga kita setidaknya bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemilih yang datang ke TPS dengan menerapkan protokol kesehatan Covid -19," ujarnya.

"Seperti teman-teman lihat, dari mulai pemilih datang semua kita atur supaya tidak terjadi penumpukan di TPS. Kemudian ketika mengantri juga mereka harus berjarak satu meter, wajib mencuci tangan, pakai masker dan menggunakan sarung tangan," pungkas Eli. (Ardi/TN1).

Komentar