Kunjungan Wisatawan Ke Lebak Banten Meningkat, Pantai Sawarna Jadi Lokasi Favorit

Pantai sawarna. (Dok: Penginapanbayah1)
Pantai sawarna. (Dok: Penginapanbayah1)

LEBAK, TitikNOL – Kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara ke wilayah Kabupaten Lebak pada 2023 mengalami kenaikan cukup signifikan.

Berdasarkan data yang diterima dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Lebak secara akumulatif, kunjungan wisatawan lokal mencapai 95 persen, didominasi berasal dari Jabodetabek.

Teri diri dari 875.000 ribu wisatawan lokal dan wisatawan dari mancanegara atau wisatawan asing mencapai 700 orang.

Kenaikan wisatawan ini didominasi pada April 2023 saat libur Hari Raya Idul Fitri. Kunjungan wisatawan lokal mencapai 309.355 dan 58 wisatawan asing.

Dan kawasan wisata Pantai Sawarna menjadi tempat terfavorit yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Dimana Pantai Sawarna ini memiliki daya tarik Pantai yang sangat indah. Tercatat para wisatawan berkunjung ke Pantai Sawarna mencapai 219.416 ribu untuk wisatawan lokal dan 573 wisatawan dari mancanegara.

Keindahan pantai menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini. Selain keindahan pantainya, tempat wisata ini pun dilengkapi dengan homestay yang sangat nyaman. Serta, kuliner laut yang ada di tempat ini pun sangat lengkap, segar dan tentunya sangat nikmat.

Pemerintah Kabupaten Lebak terus berupaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada akhir tahun ini.

Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kunjungan para wisatawan yakni, dengan memberikan promosi akhir tahun, melalui sosial media dengan menggaungkan keunikan, kenyamanan dan keamanan berwisata di Lebak saja.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Lebak, Imam mengatakan, selalu menghimbau kepada seluruh pengelola destinasi wisata untuk menjaga kualitas ODTW, Carrying Capacity ODTW dan menstabilkan harga seluruh produk dari berbagai unsur pengusaha pariwisata agar tidak adanya keluhan dari wisatawan.

"Hal itu kami sampaikan agar para wisatawan kembali lagi ke Kabupaten Lebak. Kami berharap dengan terus bertambahnya kunjungan para wisatawan ke Lebak, bisa memberikan efek terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lebak," singkatnya. (KYD/TN)

Komentar