Lagi, Jembatan Penghubung Antar Desa di Lebak Ambruk

Jembatan penghunung Desa Kerta dan Desa Kertaraharja, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak ambruk. (Foto: TitikNOL)
Jembatan penghunung Desa Kerta dan Desa Kertaraharja, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak ambruk. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Akibat curah hujan yang tinggi dan derasnya aliran air sungai Cibodas, jembatan penghubung Desa Kerta dengan Desa Kertaraharja, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak, Selasa (27/3/2018) ambruk.

Informasi yang diperoleh dari Muhaemin Kepala Desa Kerta, Kecamatan Banjarsari kepada TitikNOL mengatakan, jembatan penghubung antar desa yang terletak di Kampung Pasar Lama, Desa Kerta dan Kampung Sabrang Kaler, Desa Kertaraharja, diperkirakan ambruk pada Senin dini hari tadi.

"Sebab jembatan yang ambruk itu baru diketahui oleh warga pagi tadi. Penyebabnya, karena curah hujan sangat tinggi dan aliran air sungai Cibodas sangat deras menghanyutkan sampah-sampah dan menghantam tiang-tiang jembatan. Akibatnya, empat tiang jembatan patah dan jembatan ambruk," papar Muhaemin kepada TitikNOL.

Dijelaskannya, jembatan penghubung Desa Kerta dan Desa Kertaraharja dibangun tahun 2015 lalu dengan menggunakan dana swadaya masyarakat, berukuran lebar sekitar 1.3 meter, panjang sekitar 57 meter.

"Karena ambruk akses jalan bagi warga di dua desa sangat terganggu, yang kasihan para petani yang punya sawah seperti petani warga desa Kerta yang punya sawah dan kebun di Kampung Sabrang Kaler, Desa Kertaraharja, apalagi saat ini memasuki musim panen," ujar Muhaemin.

Begitu juga dengan anak-anak sekolah warga desa Kertaraharja kata Muhaemin, bila ingin ke sekolah yang terletak di desa Kerta, juga tidak dapat melintasi jembatan yang ambruk tersebut.

"Kalau lewat jembatan jarak tempuh cuma 400 meter sampai ke sekolah di desa Kerta. Tapi kalau muter lewat jalan utama, mereka sampai ke sekolah lumayan jauh jaraknya," terang Kades Kerta.

Oleh karenanya lanjut Muhaemin, pihaknya berharap kepada pemerintah Kabupaten Lebak agar dapat segera membantu penanganan jembatan penghubung yang ambruk tersebut.

"Saya sudah berkoordinasi dengan pihak Tagana Kecamatan Banjarsari juga dengan pak Camat, saya sudah diperintahkan oleh pak Camat agar segera membuat laporan terkait jembatan yang ambruk ini," pungkasnya. (Gun/TN1)

Komentar