Lahan Satu Hektare di Warunggunung Terbakar

Kebakaran lahan semak belukar yang terjadi di Kampung Sampay Lor RT 03/ RW 01, Desa Sukarendah, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak. (Foto: TitikNOL)Kebakaran lahan semak belukar yang terjadi di Kampung Sampay Lor RT 03/ RW 01, Desa Sukarendah, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Kebakaran lahan semak belukar seluas satu hektare terjadi di Kampung Sampay Lor RT 03/ RW 01, Desa Sukarendah, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak sekira pukul 14.30 WIB, Selasa (6/8/2019).

Kebakaran lahan terjadi akibat bakaran sampah yang merambat ke lahan semak belukar dalam kondisi sebagian kering karena kemarau. Sehingga, api semakin membesar dan meluas di area tersebut.

Dikatakan Parmin, Kasi Pemadam Kebakaran (Damkar) pada kantor Dinas Satpol PP Pemkab Lebak, Api berhasil dipadamkan setelah dua unit mobil Damkar diturunkan ke lokasi dibantu masyarakat melakukan pemadaman api, sehingga kebakaran lahan tidak meluas ke permukiman penduduk sekitar.

"Kebakaran terjadi akibat ada yang membakar sampah, karena kondisi lahan semak belukar kondisi kering. Kebakaran pun meluas hingga satu hektar lahan yang terbakar," ujar Parmin kepada TitikNOL.

Menurutnya, kebakaran lahan sudah beberapa kali terjadi di Kabupaten Lebak, seperti terjadi di wilayah Kecamatan Sajira dan Kecamatan Cibadak.

"Kebakaran lahan seperti ini sudah terjadi di wilayah Mandala Kecamatan Cibadak dan di Desa Ciuyah Kecamatan Sajira. Tapi kebakaran lahan di Kecamatan Warunggunnung ini yang besar, dan api nyaris masuk ke permukiman warga. Jaraknya ke rumah warga tinggal tiga meter lagi," terang Parmin. (Gun/TN1)

Komentar