Layanan Merak - Bakauheni Kembali Dibuka, Ratusan Kendaraan Masih Tertahan

Ratusan kendaraan masih tertahan di pelabuhan Merak. (Foto: TitikNOL)Ratusan kendaraan masih tertahan di pelabuhan Merak. (Foto: TitikNOL)


MERAK, TitikNOL - Setelah sempat ditutup akibat cuaca ekstrem, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) kini kembali membuka layanan penyeberangan Merak - Bakauheni.

Dibukanya kembali layanan penyeberangan Merak - Bakauheni setelah pihak ASDP mendapatkan izin dari KSOP Banten selaku regulator, menyusul kondisi cuaca yang berangsur-angsur membaik dan aman bagi pelayaran.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Fahmi Alweni mengatakan, hingga siang ini pihaknya telah membuka kembali lima dari enam dermaga yang ada di pelabuhan Merak.

"Mudah-mudahan dengan kembali dibukanya pelayanan penyeberangan Merak - Bakauheni ini, kendaraan yang sempat tertunda keberangkatannya dapat terangkut," kata Fahmi Alweni di pelabuhan Merak, Jumat (1/12/2017).

Saat ini, antrean kendaraan yang hendak menyeberang ke Pulau Sumatera tidak hanya terjadi di dalam pelabuhan, namun antrean sudah mengular hingga KM 97 Tol Tangerang-Merak.

"Saat ini kita telah mengoperasikan sebanyak 23 kapal. Itupun rata-rata kapal ukuran besar semua," jelas Alweni.

Fahmi menambahkan, jika kondisi cuaca kembali memburuk, pihaknya secara otomatis akan menutup kembali pelayanan di pelabuhan Merak.

"Jika kondisi cuaca kembali memburuk maka pelayanan akan kita tutup lagi. Ini demi keselamatan semua," ungkapnya. (Ardi/red).


Komentar