Lestarikan Musik Tradisional Karinding, Pemuda di Kota Tangerang Gelar Workshop

Karinding, alat musik Instrumen Tradisional. (Dok: Kompasiana)Karinding, alat musik Instrumen Tradisional. (Dok: Kompasiana)

TANGERANG, TitikNOL - Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Organisasi Barak Karinding, bekerjasama dengan Sejumlah dosen Universitas Pelita Harapan (UPH), menggelar workshop bertema Metode Produksi Perekaman Karinding.

Kegiatan tersebut merupakan upaya para seniman musik Karinding, untuk melestarikan alat musik Instrumen Tradisional yang hampir Punah dan dilupakan Masyarakat.

"Ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pegiat seni musik tradisional khususnya dalam perekaman Karinding," kata pegiat musik Karinding Ncek, Jumat (12/7/2019).

Kegiatan Workshop tersebut, diharapkan bermanfaat bagi mereka yang memiliki keahlian dalam bidang perekaman. Pasalnya, kegiatan ini diikuti oleh para pegiat musik tradisional Karinding, seniman, musisi, dan budayawan serta masyarakat yang memiliki ketertarikan dalam hal kebudayaan.

“Kami berharap dapat meningkatkan kualitas pegiat seni Karinding dan apresiasi masyarakat terhadap seni budaya tradisi karinding," tegasnya.

Sementara itu, pengisi acara Workshop Dosen UPH Jack Arthur mengatakan, keterlibatannya merupakan bentuk dari pengabdian terhadap masyarakat.

“Iya ini kan bentuk pengabdian kami sebagai dosen kepada masyarakat, semoga bermanfaat," kata Jack Arthur.

Sebagai dosen, mereka memiliki kewajiban untuk menyalurkan pengetahuan kepada masyarakat.

Selain itu, pihak penyelenggara juga mendapat perhatian dan dukungan penuh dari pemerintah desa Sentul Jaya sebagai bagian dari upaya pemberdayaan masyarakat. (Gat/TN1)

Komentar