LSM di Cilegon Ancam Demo Kantor Kadin PB

Sejumlah LSM saat menggelar konfrensi pers terkait keberatan dengan pernyataan Ketua Kadin PB Kota Cilegon, Fathurrohman. (Foto: TitikNOL)Sejumlah LSM saat menggelar konfrensi pers terkait keberatan dengan pernyataan Ketua Kadin PB Kota Cilegon, Fathurrohman. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), akan melakukan demo besar-besaran ke Kantor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Paradigma Baru (PB) Kota Cilegon.

Rencana aksi itu buntut dari pernyataan Ketua Kadin PB Kota Cilegon Fathurrohman, yang menyebutkan banyak kalangan industri yang mengeluh kerena tekanan -tekanan dari LSM.

Pernyataan yang diungkapkan Fathurrohman itu mendapat protes keras dari sejumlah LSM di Kota Cilegon. Mereka menganggap, pernyataan Fathurrohman itu membuat resah para LSM seperti yang dituduhkan tersebut.

"Saya merasa keberatan dengan apa yang disampaikan Fathurrohman yang menyebutkan bahwa LSM di Kota Cilegon itu telah membuat kekisruhan atau selalu menekan pihak-pihak industri," kata Ketua DPC LSM PPMC Kecamatan Citangkil, Yeyek, Jumat (13/9/2019).

Menurut Yayek, Fathurrohman selaku Ketua Kadin PB Kota Cilegon seharusnya menyebutkan LSM apa yang dianggap membuat kekisruhan atau sering menekan industri tersebut.

"Kalau memang benar adanya LSM yang sering menekan industri seharusnya disebutkan saja LSM apa dan dari mana, supaya ketahuan lembaga mana yang sering menekan industri. Tapi ini kan nggak disebutin, jadi wajarlah kalau kita sebagai lembaga tersinggung," ungkapnya.

Hal senada dikatakan Ulung dari LSM Forum Banten Jaya. Dia mengungkapkan, apa yang dikatakan Ketua Kadin PB Kota Cilegon sama saja menganggap bahwa LSM itu seperti preman.

"Kami merasa seolah-olah seperti kayak preman, ini yang membuat kami tidak terima. Jadi apa yang dikatakan Fathurrohman kami sangat keberatan. Terus kami dalam waktu dekat ini bersama dengan seluruh LSM akan melakukan demo ke kantor Kadin PB Kota Cilegon," ancamnya.

"Karena aggapan bahwa LSM membuat gaduh dunia industri dirasa kurang etis. Seakan-akan LSM di Cilegon justru menghambat jalannya roda perekonomian di Cilegon," tambah Ulung.

Sementara dikonfirmasi terpisah, Ketua Kadin PB Kota Cilegon Fathurrohman, mengaku tidak tahu adanya protes dari para LSM tersebut. Tapi menurut dia, ketersinggungan sebagian LSM itu justru baik.

"Berarti bagus dia kan nggak seperti itu, itu kan bagus yang nggak bagus itu yang nggak keberatan, berarti kan kritiknya bagus dan tanggap itu harus dirangkul diajak kerja sama untuk memperbaiki suasana Cilegon," kata Faturrohman dengan nada santai.

Diungkapkannya, di kalangan industri Cilegon mengeluh banyaknya tekanan dari LSM. Keluhan itu disampaikan kepadanya selaku Kadin Paradigma Cilegon.

"Kalangan industri itu banyak yang ngeluh karena banyak tekanan dari LSM, nah dunia usaha itu kan yang membidangi bisnis itu lembaga yang resmi tadi, sementara ini udah bergeser. Makanya kita luruskan, terus kita punya arahan punya niatan untuk membina LSM supaya berubah pola pikirnya menjadi wiraswastawan gitu," tuturnya. (Ardi/TN1).

Komentar