Masuk Area Pabrik, Ular Sanca Kembang Diamankan Karyawan

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

SERANG, TitikNOL - Ular Sanca Kembang berukuran tiga meter, berhasil ditangkap pekerja pabrik tepung di Ciwandan, Kota Cilegon dibantu Komintas Reptile.

Temuan hewan dilindungi itu pun langsung diserahkan ke Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat wilayah I Serang di Ciracas, Kota Serang Banten.

Eman, salah satu pegawai buruh mengatakan, ular sanca yang berbobot lebih dari 50 kilo gram itu masuk ke dalam areal pebrik tepung untuk mencari mangsa. Khawatir membahayakan pihaknya langsung menyisir areal pabrik.

"Berhasil ditemukan ularnya, di semak rerumputan kayanya lagi mencari mangsa," kata Eman, Selasa (20/3/2018).

Eman pun langsung melaporkan ke pihak perusahaan lalu memanggil komunitas pecinta reptile dan menangkapnya untuk diserahkan ke petugas BKSDA Jawa Barat.

"Ditangkapnya dibantu komunitas reptile, terus langsung diserahkan ke pihak yang memang mengerti," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BKSDA Jawa Barat kelas I Serang, Andre Ginson mengatakan, ular sanca kembang bukan salah satu hewan yang dilindungi, karena habitat ular pembelit dari suku Pythonidae ini banyak tersebar di perkebunan dan hutan lembab.

"Kita mengapresiasi kesadaran pihak pabrik dibantu komunitas reptile mau menyerahkan ular ke BKSDA," kata Andre.

Lanjut Andre, nantinya, Ular sanca kembang ini kemudian akan dilepas liarkan ke alam bebas oleh petugas BKSDA Jawa Barat kelas I Serang ke habitatnya di kawasan rawa danau, Mancak, Kabupaten Serang Banten. (Gat/TN1)

Komentar