Selasa, 23 Juli 2024

Masuki Musim Penghujan, Ini Empat Wilayah di Kota Serang Rawan Banjir

Ilustrasi. (Dok: Antara)
Ilustrasi. (Dok: Antara)

SERANG, TitikNOL - Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Kota Serang mewanti-wanti empat wilayah di Kota Serang yang rawan terjadi bencana banjir saat musim hujan.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Serang Diat Hermawan menyebut empat wilayah tersebut yaitu Kecamatan Serang, Kecamatan Walantaka, Kecamatan Taktakan dan Kecamatan Kasemen.

"Sementara itu terkait titik kerawan banjir di Kota Serang berdasarkan data masih di Kecamatan Serang, sebagai besar Kecamatan Taktakan, Walantaka sebagaian kecil dan sebagian besar di Kecamatan kasemen," katanya, saat diwawancarai di Kantor Walikota Serang, Senin 13 November 2023.

Untuk mengahadapi kerawanan tersebut, pihaknya sudah menyiapkan personil dan peralatan darurat bencana.

"BPBD Kota Serang perencanaan seperti tahun lalu kita sudah siapkan dari personil kemudian alat dan kita siapkan kerja di lapangan," ujarnya.

Selain itu, untuk di beberapa kecamatan yang rawan banjir, pihaknya akan melakukan penyuluhan dan sosialisasi ke tiap-tiap keluarahan.

"Kemudian kita juga akan merencanakan kegiatan sosialisasi pada tanggal 15-16 November kita ada kegiatan simulasi bencana di BIP," ucapnya.

Selain banjir, Diat menuturkan, di wilayah Kota Serang ada juga potensi angin puting beliung dan tanah longsor.

"Mayoritas di Kasemen dan Walantaka, untuk antisipasi yang kita siapkan dari BPBD itu sudah kita siapkan. Namun, peran masyarakat juga sangat di butuhkan," tuturnya. (TN)

Komentar