Meriahkan HUT RI Ke-72, Lapas Cilegon Gelar Lomba Libatkan Warga Binaan

Warga binaan terlihat antusias saat ikut lomba panjat pinang di Lapas Kelas III Cilegon. (Foto: TitikNOL)Warga binaan terlihat antusias saat ikut lomba panjat pinang di Lapas Kelas III Cilegon. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Cilegon, menggelar berbagai perlombaan untuk memeriahkan HUT RI ke-72 dengan 699 warga binaan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten Ajub Suratman mengatakan, acara Pencanangan Semarak Kemerdekaan RI bersama dengan warga binaan tersebut, diselenggarakan serempak di seluruh Indonesia dan panduan langsung dari Jakarta.

"Dalam kegiatan ini ada lomba desain batik, dilanjutkan lomba mulukis yang melibatkan anak-anak SD, kemudian lomba baca proklamasi untuk para warga binaan," kata Ajub saat ditemui usai membuka acara Pencanangan Semarak HUT RI ke-72 di Lapas Kelas III Cilegon, Senin (31/7/2017) pagi.

Dikatakan Ajub, pembacaan Proklamasi oleh warga binaan tersebut dimaksudkan agar mereka mengerti arti kemerdekaan, salah satunya dengan pembacaan teks proklamasi.

"Supaya mereka mengerti maksud tujuan memperingati hari kemerdekaan RI, dimana itu ada yang naman‎ya proklamasi kemerdekaan yang dibacakan oleh bapak proklamator yakni Soekarno dan Mohamad Hatta," jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Lapas Kelas III Cilegon Tri Purnomo menambahkan, dalam perlombaan ini diikuti sebanyak 699 warga binaan yang mengikuti berbagai perlombaan seperti panajt pinang, lomba menyanyi lagu daerah dan lomba lainnya.

"Selain lomba pembacaan teks prolamasi dan berbagai lomba tradisional seperti panjat pinang. Dalam acara ini juga ada lomba kebersihan dan keindahan gedung serta lomba menyanyikan lagu daerah. Jadi ada sekitar 10 lagi lomba dalam acara memeriahkan HUT RI ke-72 ini," tukasnya. (Ardi/red)

Komentar