Miris, Wanita ODGJ Melahirkan di Gubuk Pinggiran Sungai Cimadur

Ilustrasi. (Dok: Tribunnews)Ilustrasi. (Dok: Tribunnews)

LEBAK, TitikNOL - Seorang wanita muda diketahui Orang Dengan Ganguan Jiwa (ODGJ), ditemukan dalam kondisi telanjang bulat oleh warga yang tengah menjaring ikan, di sebuah gubuk di pinggiran sungai Cimadur, Desa Bayah Barat, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak.

Informasi yang diperoleh, saat ditemukan, wanita ODGJ itu sudah melahirkan seorang bayi jenis kelamin laki-laki. Melihat ada orang yaang melahirkan di gubuk pinggilan sungai, warga kemudian melaporkan kepada Kepala Desa Bayah Barat.

"Wanita ODGJ yang melahirkan itu ditemukan warga yang sedang menjaring ikan di sungai Cimadur tiga hari lalu. Kemudian warga yang menemukan itu, memberitahukan kepada warga lainnya. Saya juga langsung ke lokasi, ternyata benar ada wanita yang sudah melahirkan dengan kondisi memprihatinkan," ujar Ridwan Kades Bayah Barat kepada TitikNOL, Rabu (16/10/2019)

Menurut Ridwan, bayi laki-laki yang dilahirkan ODGJ secara normal itu saat ini diurus oleh seorang pengontrak di Bayah.

"Sekarang bayinya diurus oleh warga pengontrak," terang Ridwan.

Sementara itu, Delima, relawan Respek Peduli Lebak, meminta agar Dinas Kesehatan dapat melindungi wanita ODGJ, dengan cara mengunakan kontrasepsi sehingga bisa terjaga kondisinya.

"Waktu kami temui untuk memberikan pakaian dan makanan, ia merintih kesakitan. Mungkin pasca nifas ia masih merasakan sakit di sekitar perutnya. Kami prihatin, orang dengan kondisi jiwa seperti itu masih juga menanggung beban seperti ini. ODGJ rentan mengalami banyak kejadian tidak menyenangkan bahkan hingga dihamili seperti itu," kata Delima.

"Mohon kiranya kepada pihak kesehatan agar orang-orang seperti ini juga dilindungi dan digunakan kontrasepsi sehingga bisa terjaga kondisinya. Miris jika ada anak-anak yang lahir karena kasus seperti ini. Semoga ada tindak lanjut dari pihak terkait mengenai ini," harap Delima. (Gun/TN1)

Komentar