Mitigasi Bencana, SMP 10 Negeri Kota Serang Gelar Simulasi Gempa

SERANG, TitikNOL - Mitigasi Bencana gempa, SMP 10 Negeri Kota Serang gelar simulasi bencana gempa bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Serang.

Pantauan dilokasi, para murid diajarkan tindakan pertama yang dilakukan jika terjadi gempa bumi. Pertama mereka harus melindungi kepala dengan tangan sembari mencari tempat luas.

Selain itu, para murid juga diajarkan soal memberikan pertolongan pertama jika ada korban terluka ataupun tertimpa reruntuhan bangunan.

Salah satu murid Raisa mengatakan ini baru pertama kali diberikan sosialisasi mitigasi bencana secara praktik langsung. Dan menurutnya ini sangat bermanfaat karena Banten kerap diguncang gempa.

“Baru pertama kali, seneng akhirnya bisa tahu kalau ada gempa harus melindungi kepala dengan tangan, hindari rak rak seperti lemari juga terus diajarkan juga tadi cara melakukan tindakan pertolongan pertama,” kata Raisa, Rabu (2/2/2022).

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP 10 Negeri Kota Serang Meti Istimurti mengatakan kegiatan ini sengaja digelar untuk memberikan pemahaman kepada pada murid soal mitigasi bencana.

“Sosialisasi dan simulasi mitigasi bencana khususnya gempa bumi, karena peristiwa kemarin belum lama dirasakan sampai 6,6 SR, ini untuk mengantisipasinya,” kata Meti.

Meti juga menjelaskan jika BPBD Kota Serang juga memberikan sosialisasi materi mengenai potensi bencana di kota Serang kemudian bagaimana penanganannya secara mandiri.

“Ini baru pertama kali mereka juga responsif dengan mendapatkan pelajar bagaimana menyelamatkan diri jika terjadi bencana,” tegasnya. (Gat/TN)

Komentar