'Mogok' saat akan Berangkat, Penumpang di KMP Nusa Bahagia Diturunkan

KMP Nusa Bahagia yang gagal berangkat karena bow visornya rusak. (Foto: TitikNOL)KMP Nusa Bahagia yang gagal berangkat karena bow visornya rusak. (Foto: TitikNOL)

MERAK, TitikNOL - Dudukan hidrolik bow visor KMP Nusa Bahagia mengalami kerusakan, saat hendak berangkat dari dermaga I Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Akibatnya, penumpang dan kendaraan yang ada di dalam KMP Nusa Bahagia dikeluarkan kembali dan dialihkan ke kapal lain.

"KMP Nusa Bahagia itu sudah selesai memuat di dermaga 1. Namun saat hendak berangkat dudukan, hidrolik bow visornya rusak itu atau enggak bisa nutup," kata Manager Usaha Pelabuhan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Rudi Mahmudi kepada wartawan, Kamis (8/3/2018).

KMP Nusa Bahagia sendiri seharusnya berangkat dari dermaga 1 pelabuhan Merak pada pukul 13:10 WIB.

Karena adanya kerusakan di bagian bow visor, akhirnya kapal tersebut gagal berangkat dan menyebabkan jadwal kapal sandar kapal lain menjadi terganggu.

"Jadi ada dua kapal yang akan sandar di dermaga 1 itu menunggu di tengah laut sekitar dua jam sampai KMP Nusa Bahagia sandar," ungkapnya.

Akibat adanya kerusakan tersebut, lanjut Rudi, penumpang dan kendaraan yang sebelumnya sudah berada di dalam KMP Nusa Bahagia terpaksa dikeluarkan kembali dan dialihkan ke dermaga lain.

"Untuk penumpang pejalan kaki kita alihkan ke dermaga 3 naik KMP Raja Rakata. Sedangkan untuk kendaraan kita alihkan ke dermaga 6 naik KMP Portlink III," ujarnya.

Rudi menambahkan, setelah bongkar muatan, KMP Nusa Bahagia langsung diengkerkan untuk dilakukan perbaikan.

"Supaya tidak mengganggu jadwal kapal selanjutnya yang akan sandar di dermga 1, KMP Nusa Bahagia langsung kita engkerkan," ungkapnya. (Ardi/TN1).

Komentar