Muatan Kebakaran, Kapal Penumpang di Pelabuhan Merak Nyaris Terbakar

Foto ilustrasi kapal penumpang. (Dok: bengkelharga)
Foto ilustrasi kapal penumpang. (Dok: bengkelharga)

CILEGON, TitikNOL - Kapal Motor Penumpang (KMP) Trimas Kanaya, yang tengah muat di Dermaga III Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, nyaris terbakar. Insiden yang terjadi pada Senin (16/1/2017) itu terjadi akibat salah satu truk yang ada di dalam kapal mengalami kebakaran.

Informasi yang berhasil dihimpun, truk milik PT Berkat Abadi Jaya Tranportindo, Jakarta bernomor polisi B 9091 AU itu rencananya hendak menyeberang ke Lampung. Namun saat berada di dalam kapal, truk tiba-tiba mengeluarkan asap sehingga sontak membuat para awak dan penumpang panik.

Beruntung api di truk tidak membesar karena cepat dipadamkan. Kebakaran ini pun tidak sempat merembet ke kendaraan lain yang berada di samping truk.

Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak AKP Tesyar, membenarkan kejadian itu.

"Kejadiannya sekitar pukul 19:00 WIB. Saat kejadian sopir truk yang diketahui bernama Rely Pratama tengah istirahat di deck III. Namun tiba-tiba ada awak buah kapal memberitahukan kepada sopir jika truk yang dikemudikannya mengeluarkan asap dari bak muatan," jelasnya.

Petugas kepolisian yang datang ke lokasi langsung mengevakuasi truk dengan cara mengeluarkannya dari dalam kapal.

"Barang muatan truk langsung kita bongkar di area parkir dermaga III," ujar Tesyar.

Dari hasil pemeriksaan awal di TKP, sumber api berasal dari alat elecktronic berupa audio atau sound system yang ada di bak truk.

Untuk proses lebih lanjut, kendaraan truk berikut muatannya langsung di Police Line. Sementara sopir dan barang bukti penyebab kebakaran kini telah diamankan di mako KSKP Merak.

"Untuk jadwal kapal sendiri tidak mengalami gangguan dan aktifitas pelabuhan berjalan dengan normal," tutupnya. (Ardi/red)

Komentar