Nahkoda dan Mualim Diberikan Pemahaman Soal Kondisi Alur Kapal di Perairan Selat Sunda

Sosialisasi karakteristik dan pengawakan kapal penyeberangan di Selat Sunda yang digelar KSOP Banten. (Foto: TitikNOL)Sosialisasi karakteristik dan pengawakan kapal penyeberangan di Selat Sunda yang digelar KSOP Banten. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten, menggelar sosialisasi karakteristik dan pengawakan kapal penyeberangan di Selat Sunda kepada para nahkoda, mualim dan asosiasi pengusaha pelayaran yang ada di Banten.

Kepala Bidang Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli KSOP Kelas I Banten, Capten Yohsua mengatakan, sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait kondisi alur kapal di Selat Sunda hingga kesejahteraan awak kapal.

"Tujuan dari sosialisasi ini agar peserta memahami pentingnya alur pelayaran sebagai akses keluar masuk pelabuhan penyeberangan dan kapal-kapal yang berlayar melintasi Selat Sunda dan peningkatkan pengetahuan bagi para nahkoda dan mualim untuk mengenal kondisi alur di perairan Selat Sunda," ungkap Capten Yohsua di Hotel The Royale Krakatau Cilegon, Rabu (4/12/2019).

Tidak hanya terkait dengan kondisi alur perairan di Selat Sunda, para peserta khususnya para perusahaan pelayaran juga diberikan pemahaman terkait dengan aturan kesejahteraan awak kapal.

"Para peserta juga harus paham mengenai aturan kesejahteraan bagi awak kapal yang bekerja di atas kapal. Jadi intinya ada 3 poin itu tujuan dari sosialisasi ini," jelasnya. (Ardi/TN1).

Komentar