Ngaku Petugas PLN, Pria Ini Terekam CCTV Curi HP

Ilustrasi petugas PLN. (Dok: Liputan6)
Ilustrasi petugas PLN. (Dok: Liputan6)
SERANG, TitikNOL - Modus pencurian barang elektronik dengan mengaku petugas PLN, terjadi di salah satu perumahan di Kawasan Banjaragung, Cipocok Jaya, Kota Serang.

Peristiwa itu terjadi pada Jumat (14/2/2020), sekitar Pukul 12.10 WIB. Aksi pelaku pun pun terekam CCTV.

Informasi yang diperoleh dari Mita Maharani, korban dalam kejadian itu, dari pantauan CCTV pelaku yang tiba di rumah korban berpura-pura melakukan kontroling KWH Listrik.

Saat itu, pembantu di rumahnya bertanya kepada pelaku. Pelaku pun menjawab dari PLN yang akan melakukan cek KWH Listrik rumah.

Karena tidak curiga, pembantu korban pun mempersilahkan pelaku saat masuk ke dalam rumah dengan alasan mau memeriksa penggunaan listrik.

Aksi pelaku mencuri barang elektronik pun terekam CCTV, saat pelaku menyuruh pembantu korban mematikan seluruh aliran listrik agar terhindar dari rekaman camera pengawas. Namun, sang pembantu justru hanya memadamkan lampu di dalam rumah.

"Saya lagi di kantor, saat itu pembantu saya yang terima pelaku langsung masuk gerbang dan meriksa KWH, pembantu keluar dan tanya ada perlu apa. Baru tahu pas anak saya nyari HP tapi enggaj ada, langsung periksa CCTV ternyata maling," kata Mita, saat di konfirmasi TitikNOL.

Mita pun terkejut, saat pelaku yang mengaku petugas PLN ternyata pencuri handphone miliknya, dengan modus berpura-pura menjadi petugas PLN, bahkan hingga masuk ke rumah memeriksa pemakaian listrik.

"Kami baru sadar ada yang hilang jam 5 sore, ketika anak saya pulang sekolah nyari hp, ketika dicek di CCTV baru ngeh ternyata petugas PLN tadi adalah maling. Enggak lapor polisi sih mas emang, cuma HP saja yang hilang. Cuma pengen kasih tahu modus kejahatan ini ke warga Serang biar lebih hati-hati dan engga ada korban lagi," tegasnya.

Dari pantauan CCTV, ciri-ciri pelaku menggunakan kemeja merah, berbadan cukup tinggi, memiliki warna kulit coklat gelap. (Gat/TN1)
Komentar