Pabrik Pembuatan Kontruksi Rangka Besi di Serang Terbakar

SERANG, TitikNOL - PT. PA Ruber Indonesia Jaya, pabrik pembuatan konstruksi rangka besi di Kawasan Modern Industri III Cikande No. 7B, Jl. Raya Serang - Jakarta, Desa Nambo Ilit, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang, terbakar, Minggu (26/9/2021).

Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran tersebut dan penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Pihak perusahaan menaksir kerugian akibat kebakaran mencapai Rp900 Juta.

Kepala Pelakasana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang, Nana Sukmana Kusuma mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima, kebakaran berawal adanya korsleting listrik pada bagian mesin press.

Kemudian percikan api yang muncul akibat korsleting tersebut seketika langsung merambat ke bahan yang mudah terbakar. Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 11:00 WIB.

"Sekitar pukul 12:00 WIB, Damkar kawasan modern berhasil memadamkan api. Damkar BPBD Kabupaten Serang yang juga tiba dilokasi langsung melakukan pendinginan," ujarnya.

Nana mengungkapkan, dalam kejadian tersebut mesin press rusak berat.

"Api berhasil di padamkan dan kondusif, tidak ada korban jiwa," imbuhnya.

Terpisah Panit Reskrim Polsek Cikande Iptu Desma Priyatna menjelaskan api kebakaran pertama kali diketahui oleh Saepul (32), salah satu karyawan. Api berasal dari mesin blower gedung produksi vilon.

"Saat diketahui api sudah membesar dan menyambar bagian penyimpanan oli. Karyawan pun tidak mampu memadamkan api sehingga melaporkan kepada petugas pemadam kawasan industri. Penyebab kebakaran masih kita selidiki. Dari hasil pemeriksaan pihak perusahaan mengaku mengalami kerugian hingga Rp900 juta," tambah Desma. (HR/TN1)

Komentar