Pancaroba, BMKG Prediksi Hujan Disertai Angin Kencang Berakhir di Awal Juni

Ilustrasi. (Dok: Tribunnews)
Ilustrasi. (Dok: Tribunnews)

SERANG, TitikNOL - Waspada musim pancaroba, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Serang prediksi hujan disertai angin kencang akan berakhir di awal Juni. Saat ini, hujan akan masih terus mengguyur sejumlah wilayah di Provinsi Banten.

Prakirawan BMKG Trian Asmarahadi mengatakan, kondisi saat ini merupakan masa peralihan atau biasa disebut pancaroba. Terlihat beberapa wilayah di Provinsi Banten kerap diguyur hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang. Bahkan, sering kali menyebabkan banjir sehingga perlu diwaspadai oleh seluruh warga.

"Musim kemarau ini diprediksi akan terjadi pada awal Juni nanti, karena adanya tekanan rendah di sebelah barat Lampung menyebabkan konvergensi di kedua wilayah. Akibatnya petumbuhan awan menjadi sangat signifikan," kata Trian, Rabu (27/5/2020).

Menurut Trian, hujan mendadak pada sore dan malam hari disertai dengan fenomena angin kecang dan petir memang sudah menjadi karakteristik musim pancaroba.

"Rentang waktu hujan pendek namun intesitasbya sangat lebat, maka itu masyarakat harus tetap waspada," tukasnya. (Gat/TN1)

Komentar