Pandeglang Siaga Tsunami, BMKG: Masyarakat Jauhi pantai

BANTEN, TitikNOL – Gempa dengan kekuatan 7.4 skala richter mengguncang beberapa wilayah di Provinsi Banten, pada pukul 19:03 WIB, Jum’at (2/8/2019) dengan garis lintang 7.54 LS, garis bujur 104.58 BT dan kedalaman 10 kilometer, berpotensi menimbulkan tsunami.

Beberapa daerah seperti Pandeglang bagian utara, Serang bagian barat dan Lebak pada lavel warpada sedangkan Pandeglang bagian selatan, pandeglang bagian pulau panaitan pada lavel siaga.

“Gempa ini berpotensi tsunami dengan peringatan dini untuk wilayah: (1) Pandeglang Bagian Selatan dengan status ancaman SIAGA (ketinggian maksimal 3,0 meter). (2) Pandeglang Pulau Panaitan dengan status ancaman SIAGA (ketinggian maksimal 3,0 meter). (3) Lampung-Barat Pesisir-Selatan dengan status ancaman SIAGA (ketinggian maksimal 3,0 meter). (4) Pandeglang Bagian Utara dengan status ancaman WASPADA (ketinggian maksimal 0,5 meter). (5) Lebak dengan status ancaman WASPADA (ketinggian maksimal 0,5 meter),” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, dalam pers rilis BMKG.

Rahmat pun menghimbau kepada masyarakat di wilayah dengan status "SIAGA" agar menjauhi pantai.

“Segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi. Kepada masyarakat di wilayah dengan status "WASPADA" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai,” katanya. (Lib/TN1)

Komentar