Peduli Anak-anak, Pengurus Bhayangkari Bagikan Akta Kelahiran

Suasana pembagian Akta Kelahiran bagi masyarakat yang belum memiliki di Aula Mapolres Serang, Rabu (4/9/2019). (Foto: TitikNOL)
Suasana pembagian Akta Kelahiran bagi masyarakat yang belum memiliki di Aula Mapolres Serang, Rabu (4/9/2019). (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Dalam menyambut Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) Ke- 67, Pengurus Bhayangkari Cabang Serang membagikan Akta Kelahiran bagi masyarakat yang belum memiliki di Aula Mapolres Serang, Rabu (4/9/2019).

Pemberian Akte Kelahiran bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) Kabupaten Serang.

Ketua Bhayangkari Cabang Serang, Widya Indra menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap anak-anak yang belum memiliki akta kelahiran anak.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya Bhayangkari untuk membantu program pemerintah dalam mendorong masyarakat agar mengurus akta kelahiran anak.

"Akte kelahiran sangat penting sebagai identitas diri dan merupakan hak setiap anak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang. Dengan adanya program pemberian akta kelahiran secara gratis, bisa membantu masyarakat yang belum memiliki akta kelahiran," ungkap Ketua Bhayangkari yang akrab disapa Widya.

Selain itu, menurut Widya, pencatatan, mengratiskan pembuatan akta kelahiran, sebagai bagian melindungi anak, menghargai dan mengakui status anak.

Oleh karena itu, orang tua wajib mencatatkan identitas diri anak sejak dilahirkan sebagai bentuk tanggung jawab dan perlindungan terhadap anak.

"Anak yang tidak memiliki akte kelahiran tidak tercatat dalam kependudukan, tidak punya posisi hukum, tidak punya hak dasar dan tidak punya status kewarganegaraan," ujarnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Serang, Abdullah menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Bhayangkari Cabang Serang yang telah membantu Disdukcapil Kabupaten Serang, dalam pengurusan pembuatan akta kelahiran.

"Mewakili Ibu Bupati, kami berterima kasih kepada Pengurus Bhayangkari Cabang Serang yang telah ikut membantu dan program pemerintah dalam menuntaskan masalah kependudukan, khususnya akta kelahiran," tutur Abdullah. (Har/TN1)

Komentar