Minggu, 14 Juli 2024

Pekerja Diduga Dibayar Upah Murah, Pimpinam PT Lotte Diperiksa Disnakertrans Banten

Kepala UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Kota Cilegon dan Kota Serang, Agung Ardiansyah. (Foto: TitikNOL)
Kepala UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Kota Cilegon dan Kota Serang, Agung Ardiansyah. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Kota Cilegon dan Kota Serang pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten, memanggil manajemen PT Lotte Chemical Titan Nusantara terkait adanya laporan dan video yang viral terkait dugaan pengupahan yang belum sesuai dengan ketentuan di proyek PT Lotte Chemical Indonesia.

Kepala UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Kota Cilegon dan Kota Serang, Agung Ardiansyah membenarkan pihaknya melakukan pemanggilan kepada pihak PT Lotte Chemical Indonesia

"Yang jelas kita akan melakukan pendalaman, kita cermati sehingga tidak terjadi lagi kejahatan-kejahatan atau pidana tenaga kerjaaan yang terjadi di proyek PT Lotte Chemical Indonesia, " kata Agung Ardiansyah kepada wartawan di kantornya, Jumat (19/5/2023).

Agung meminta kepada PT Lotte Chemical Indonesia koopreratif terkait dugaan pengupahan tidak sesuai dengan ketentuan tersebut.

"Harapan kita untuk PT Lotte Chemical bisa kooperatif terkait dengan ini. Insya Allah kita akan dalami dan akan kita laporkan kepada pimpinan dalam hal ini Disnakertrans Provinsi Banten, sehingga apapun langkah-langkah yang diambil bisa membuahkan hasil dengan baik terhadap proyek PT Lotte Chemical Indonesia, "ujarnya.

Sementara itu, HRD & GA General Manager PT Lotte Chemical Titan Indonesia Rudi Nur Cahyo belum bisa berkomentar banyak terkait dugaan upah murah tersebut.

"Soal informasi dugaan upah murah itu justru itu yang akan nanti diklarifikasi berikutnya. Jadi kita pengen tahu apakah yang dimaksud pekerja tetapnya, apakah borongannya, apakah di maincon, apakah di subcon-nya nanti kita konfirmasi lagi, " ungkap Rudi usai memenuhi panggilan UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Kota Cilegon dan Kota Serang .

"Total subcon ada banyak, kami tidak hafal persis karena itu bagian kewenangan dari maincon. Itu juga salah satu yang menjadi konsen dari Kepala UPTD bagaimana kita bisa melakukan koordinasi tidak hanya ke maincon, tapi juga ke subcon-subcon-nya, " jelasnya. (Ardi/TN3).

Komentar