Pelabuhan Merak Mulai Dipadati Pemudik

Kendaraan pemudik sudah mulai memadati Pelabuhan Merak. (Foto: TitikNOL)Kendaraan pemudik sudah mulai memadati Pelabuhan Merak. (Foto: TitikNOL)

MERAK, TitikNOL - Pelabuhan Merak sudah mulai dipadati para pemudik tujuan Sumatera. Kendaraan roda empat terpantau mengisi semua kantong parkir dermaga.

Berdasarkan pantauan di lapangan, kendaraan roda empat atau lebih, seperti bus dan truk terlihat antre untuk menunggu giliran masuk ke kapal.

Pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi mengantre di dermaga 1, 2, dan 3. Pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua mulai mengisi dermaga 7 yang dikhususkan bagi pemotor.

Sementara untuk pemudik pejalan kaki berangsur ramai menjelang dini hari. Di loket tiket, mereka mulai antre membeli tiket untuk masuk ke dalam kapal.

Pemudik tujuan Sumatera ini biasanya ramai saat malam hari hingga pagi hari. Mereka sengaja melakukan perjalanan malam hari agar bisa sampai di Pelabuhan Bakauheni pagi hari kemudian melanjutkan perjalanan ke kampung halaman.

"Kita coba mengintervensi mudik tahun ini dengan menerapkan diskon 10% untuk keberangkatan siang hari pukul 08:00-20:00 WIB. Sebaliknya kenaikan tarif 10% berlaku bagi penumpang yang berangkat malam hari pukul 20.00-08.00 WIB," ungkap Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Banten, Nurhadi, Rabu (29/5/2019).

Penerapan diskon tarif pada siang hari di Pelabuhan Merak, bertujuan untuk menghindari terjadinya kepadatan pemudik pada malam hari seperti yang terjadi tahun-tahun sebelumnya. (Ardi/TN1).

Komentar