Pelabuhan Merak Waspada Cuaca Buruk, KSOP Ingatkan Nahkoda agar Berhati-hati

Kapal terlihat sulit sandar di Pelabuhan Merak. (Foto: TitikNOL)
Kapal terlihat sulit sandar di Pelabuhan Merak. (Foto: TitikNOL)

MERAK, TitikNOL - Kondisi cuaca di perairan Merak dan Selat Sunda saat ini kurang bersahabat. Pihak KSOP Banten sudah mengeluarkan instruksi secara tertulis kepada para nahkoda kapal penyeberangan Merak -Bakauheni, agar selalu waspada dengan kondisi cuaca saat berlayar.

Koordinator Terminal Penyeberangan Merak pada KSOP Banten, Suharso mengatakan, kecepatan angin di perairan Merak dan Selat Sunda saat ini mencapai 28 knot. Kondisi itu mengalami peningkatan dibandingkan biasanya.

"Biasanya kecepatan angin itu berkisar antara 1-15 knot, sedangkan gelombang sekitar 1-1,5 meter. Tapi sekarang itu kecepatan angin mencapai 28 knot, sedangkan gelombang 2 meter lebih," ungkap Suharso, Jumat (1/11/2019).

Dengan kondisi cuaca yang kurang bersahabat, membuat kapal di Penyeberangan Merak terganggu saat hendak sandar ke dermaga. Akibatnya penumpukan terjadi meskipun tidak signifikan.

"Ya tentunya dengan adanya peningkatan angin membuat proses sandar kapal agak sedikit terlambat, makanya agak sedikit penumpukan (kendaraan) di pelabuhan," ujarnya.

KSOP Banten akan terus koordinasi dengan BMKG untuk monitor perkembangan kondisi cuaca untuk memastikan keselamatan pelayaran. (Ardi/TN1).

Komentar