Pelayaran Merak - Bakauheni Mendapat Bimtek Tentang Keselamatan Pelayaran dari KSOP Banten

Bimbingan teknis tentang peningkatan keselamatan pelayaran di Hotel The Royale Krakatau Cilegon. (Foto: TitikNOL)
Bimbingan teknis tentang peningkatan keselamatan pelayaran di Hotel The Royale Krakatau Cilegon. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Direktorat Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI melalui Kantor Kesyahbandara dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banten, memberikan bimbingan teknis kepada perusahaan pelayaran yang ada di Penyeberangan Merak - Bakauheni. Dalam kegiatan itu, para operator kapal diminta untuk meningkatkan keselamatan pelayaran.

Kepala KSOP Banten, Herwanto mengatakan bimbingan teknis tentang peningkatan keselamatan pelayaran tersebut merupakan bagian dari instruksi Kemenhub.

"Jadi bimbingan teknis ini dalam rangka meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan pelayaran. Karena selamatan pelayaran itu sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi,"ungkap Herwanto di The Royale Krakatau Cilegon,Kamis (24/10/2019).

Herwanto menjelaskan, keselamatan pelayaran itu merupakan tanggung jawab bersama sehingga tidak ada yang saling menyalahkan.

"Jadi keselamatan pelayaran itu merupakan tanggung jawab bersama, sehingga nantinya mereka tidak saling menyalahkan, tetapi mereka juga punya tanggung jawab untuk menegakan keselamatan pelayaran itu, "imbuhnya.

Para perusahaan pelayaran juga diminta untuk memperhatikan kelaik lautan kapal karena itu akan berujung pada keselamatan .

"Kelaikan lautan dan pengawakan kapal itu diperharikan oleh perusahaan pelayaran.Makanya tadi juga kita undang para perwira kapalnya," tutur Herwanto.

Lebih lanjut Herwanto mengungkapkan, pihaknya rutin melakukan ramp check kapal yang ada di Penyeberangan Merak -Bakauheni.

"Kita rutin melakukan ramp check terutama menghapi angkutan lebaran dan tahun baru. Adapun tujuannya dari ramp check adalah itu untuk mengetahui kondisi kapal apakah benar-benar laik laut atau seperti apa, ,"katanya. (Ardi/TN1).

Komentar